HOME PARIWISATA KABUPATEN TANAH DATAR

  • Minggu, 5 Mei 2019
Tindak Lanjut Janji Presiden Jokowi, Tahun Ini Dilaksanakan Pembangunan Wisata Nagari Tuo Pariangan
Pemkab Tanah Datar gelar rapat akhir rencana pembangunan wisata Nagari Pariangan

Batusangkar (Minangsatu) - Destinasi Wisata Nagari Tuo Pariangan yang diakui sebagai salah satu desa terindah di dunia, mendapat perhatian dari orang nomor satu di negeri ini, yaitu Presiden Jokowi melalui menteri PUPR akan melakukan pembangunan.

Semua itu adalah anugerah  yang patut kita syukuri, hal tersebut  disampaikan Bupati Tanah Datar  Irdinansyah Tarmizi pada rapat akhir rencana pembangunan destinasi wisata nagari tuo Pariangan, di gedung indojolito Batusangkar, Sabtu (4/5).

Rapat yang dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra  Mukhlis,  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto, Kepala Dinas Pariwisata Abdul Hakim,  Kepala Dinas PU, Camat,  Walinagari,  tokoh masyarakat dan niniak mamak nagari pariangan. 

Bupati Irdinansyah  menyampaikan rencana pembangunan  berawal dari penegasan sang Presiden untuk pariwisata Tanah Datar. Di depan menteri kabinet kerja, para duta besar, insan pers se Tanah Air dan tamu penting lainnya pada peringatan HPN di Padang, Jumat (09/02), Presiden menugaskan Kementerian PUPR untuk melakukan penataan kawasan pariwisata Nagari Tuo Pariangan di Tanah Datar sebagai Desa Terindah, ucapnya. 

Bupati  menambahkan, revitalisasi bangunan dan lansekap baru kawasan nantinya akan menambah cantik kawasan tersebut sebagai kawasan cagar budaya dan destinasi wisata, untuk itu mari kita dukung bersama dan diharapkan dukungan dari masyarakat khususnya lahan masyarakat yang akan dilakukan lokasi pembangun dan revitalisasi, harapnya. 

"Untuk pembangunan akan dilaksanakan  tahun ini oleh kementerian PUPR RI diantaranya  gerbang masuk,  plaza produk daerah,  rest area dan rehab jenjang dari masjid Islah menuju Batu Tanah Datar," ucap bupati.

Sementara mewakili niniak mamak nagari Pariangan, Dt.  Bandaro menyatakan dukungan untuk perbaikan pembangunan  kawasan destinasi wisata nagari pariangan. "Kami masyarakat mendukung kegiatan pembangunan destinasi kawasan wisata pariangan, untuk lahan yang akan dibangun kami selesaikan secara musyawarah, semua itu untuk  kesejahteraan masyarakat Pariangan dan anak kamanakan kami," ucap Dt.  Bandaro. 

Walinagari Pariangan Aprial menambahkan, "Kami pemerintah nagari dalam waktu dekat akan menyelesaikan administrasi dengan masyarakat yang tanahnya akan dilakukan pembangunan sebagai lokasi destinasi wisata," ucapnya.


Wartawan : Zulhafni
Editor : T E

Tag :Pemkab Tanah Datar #wisata Nagari Pariangan