HOME PARIWISATA KOTA PAYAKUMBUH

  • Kamis, 31 Oktober 2019
Suguhkan Tari Minang, Payakumbuh Siap Semarakkan TdS 2019
Jumpa pers pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kota Payakumbuh

Payakumbuh (Minangsatu) - Menjelang pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) 2019, Pemko Payakumbuh menyatakan kesiapannya menyemarakkan ajang lomba balap sepeda tersebut.  Bahkan, setiap sekolah  yang dilewati para pembalap akan menyuguhkan hiburan.

Soal kesiapan Pemko Payakumbuh tersebut, diungkapkan Sekda Rida Ananda dihadapan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kadis PUPR Muslim ST,MT,  Kapolres Payakumbuh yang diwakili Kompol Basrial, dan perwakilan Dandim 0306, Letkol Solihin saat menggelar jumpa pers di Balaikota, Kamis  (31/10). 

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Rida Ananda menyebut, pihaknya  terus melakukan persiapan menjelang pelaksanaan even balap sepeda tahunan Internasional tersebut. “Kita Kota Payakumbuh siap menggelar TdS 2019 ini,” ujar Rida.

Rida menambahkan,  penyambutan kedatangan para atlet dari berbagai negara tersebut dilakukan Walikota Riza Falepi,ST,MT, Wawako Erwin Yunaz , Ketua DPRD Hamdi  Agus, bersama Forkopimda, para kepala OPD, dan penjabat lainnya dan juga tentunya bersama masyarakat. “Baik saat kedatangan pembalap di di garis finish, dan pelepasan dari garis start,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Elfrida Zaharman mengatakan,  dalam rangka menyemarakkan lomba balap  internasional tersebut,pihaknya telah menyiapkan sambutan sekolah-sekolah yang dilalui para pembalap. Atlet balap mancanegara akan disuguhi tarian dan nyanyian daerah dari para pelajar. “Panitia juga akan melakukan penilaian setiap tari, nyanyian dan hiburan yang disuguhkan untuk para pembalap,” terangnya.

Menurut Cece, sapaan akrab, Elfriza Zaharman,  setiap pembalap yang tampil sebagai juara, akan langsung diserahkan piagam penghargaan dan uang  pembinaan.

Sementara itu, Kompol Basrial, yang mewakili Kapolres Kota Payakumbuh, mengatakan, pihaknya siap mengamankan rute balapan yang dilalui para pembalap. “Untuk rute ini, seperti tahun-tahun sebelumnya kita akan melakukan pengamanan ketat, kita nanti akan adakan sistem buka tutup akses jalan” katanya

Dalam jumpa pers dengan para wartawan Kabag Ops AKP Basrial mengatakan " Kami sudah siap 99%  melakukan pengamanan bersama Pol PP Dan Dishub Kota Payakumbuh, tinggal pelaksanaannya lagi" ungkapnya.

 

Sebelum jumpa pers digelar, untuk Memastikan Kesiapan Kota Randang dalam mempersiapkan Iven internasional TdS pada tahun 2019 ini, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh juga melaksanakan rapat lintas sektoral bersama Sekda,Asisten, Kabag Ops,Dandim,Ketua DPRD  dan instansi terkait. "Kita selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dari tahun ke tahun untuk pelaksanaan acara ini, dan kita selalu mengumpulkan semua unsur yang menjadi pengurus sebelum dilangsungkan TdS ini agar kesamaan persepsi dari seluruh pengurus dapat kita capai", ungkap Kadis Disparpora Kota Payakumbuh.

Selain itu, Kota Payakumbuh mendapatkan Start Etape 5, yang merupakan balapan dengan rute terpanjang.  Start di Ngalau Medan Nan Bapaneh dan akan Finish di Kabupaten Agam, akan  di ikuti lebih kurang 120 pembalap.

Selanjutnya Basrial juga mengatakan, pihaknya akan menurunkan sebanyak 475 Personil untuk mengamankan jalan nya TdS nantinya. Terkait hal-hal seperti hewan liar pemko telah menyurati instansi terkait dalam dalam hal ini Dinas Peternakan dan juga hal-hal yang berkaitan dengan bencana kebakaran dan orang sakit yang harus di rujuk ke RSUD basrial sudah menyiapkan Jalur khusus untuk hal tersebut.

Sementara Sekretaris Daerah Rida Ananda juga mengatakan untuk kesiapan Pemko Payakumbuh dalam Event TdS kali ini sudah siap untuk mensukseskannya, dan juga TdS pada tahun ini Payakumbuh mendapatkan rute sepanjang 22 Km itu berarti seluruh warga Kota Payakumbuh dapat menikmati Event Akbar TdS pada kali ini.


Wartawan : Fegi Andriska Putra
Editor : melatisan

Tag :#TdS Payakumbuh