HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

  • Senin, 6 Februari 2023

Solok Selatan Tambah Alat Berat, Pendukung Program Ekskavator Per Kecamatan

Bupati Solsel Khairunas menyerahkan simbolis kunci ekskavator. Foto : Alvino.
Bupati Solsel Khairunas menyerahkan simbolis kunci ekskavator. Foto : Alvino.

Solok Selatan (Minangsatu) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan di tahun 2023 ini akan merealisasikan pengadaan penambahan alat berat pendukung program unggulan Satu Kecamatan Satu Ekskavator. Adapun penambahan alat berat pendukung tersebut seperti gleder, vibro, 3 dumtruk, dan alat berat lainnya.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan, program Satu Kecamatan Satu Ekskavator hanya dapat direalisasikan secara bertahap di setiap tahunnya karena keterbatasan anggaran untuk pengadaan.

Hanya saja dengan penambahan jenis alat berat lainnya, program Satu Kecamatan Satu Ekskavator dapat difungsikan dengan memprioritaskan daerah yang lebih membutuhkan.

"Kita tentu menginginkan kemajuan infrastruktur bagi daerah kita ini. Dengan program Satu Kecamatan Satu Ekskavator ini, kita dapat melakukan percepatan terhadap pembangunan infrastruktur di nagari-nagari melalui pengelolaan swadaya masyarakat." 

"Dan kita dari Pemkab Solok Selatan mendukung dengan programnya seperti program Satu Kecamatan Satu Ekskavator ini," katanya saat Launching Program Satu Kecamatan Satu Ekskavator di Sampu Lubuk Gadang Utara, Solok Selatan beberapa hari lalu.

Khairunas melanjutkan, untuk saat ini Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan (PUTRP) Solok Selatan telah memiliki 3 ekskavator.

Namun untuk pengoperasian maksimal, dibutuhkan jenis alat berat pendukung lainnya seperti dumtruk, gleder, vibro, dan yang lainnya, sehingga benar-benar dapat dioperasikan dan sangat membantu pembangunan infrastruktur di nagari-nagari maupun kecamatan.

"Makanya dengan keterbatasan ekskavator yang kita miliki saat ini, kita memprioritaskan nagari-nagari yang memang membutuhkan pembangunan infrastruktur pembukaan atau pelebaran jalan."

"Seperti di Sampu ini yang memang membutuhkannya untuk membuka dan memperlebar akses jalan tembus dari Sampu ke Sungai Bayu. Selain itu ekskavator juga telah kita pinjamkan kepada masyarakat Simancuang untuk memperbaiki jalan," katanya.

Dengan adanya penambahan jenis alat berat itu, tidak hanya sekadar mendukung percepatan terhadap pembangunan di nagari-nagari dan kecamatan saja, tapi sangat membantu dalam meminimalisir biaya dan anggaran, baik dari APBD Kabupaten Solok Selatan maupun anggaran nagari.

"Meski belum tercapai untuk masing-masing kecamatan, tapi ini sudah bisa kita fungsikan, karena regulasinya telah ada dan tentu kita mendahulukan nagari-nagari yang belum maju.

Sementara Wali Nagari Lubuk Gadang Utara, Joni Pardilo menyampaikan terima kasihnya mewakili masyarakat atas penyelenggaraan Launching Program Satu Kecamatan Satu Ekskavator di Sampu ini. Sebab, Jorong Sampu memang sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan.

"Ini yang kami butuhkan untuk dapat melakukan perbaikan jalan. Terkait jalan ini juga merupakan keluh kesah masyarakat yang kami sampaikan. Dan alhamdulilah Sampu menjadi prioritas dan kami akan memfungsikan dengan sebaik-baiknya."

"Insyaallah dalam satu Minggu ini jalan dapat kami selesaikan dari Sampu menuju Sungai Bayu ini. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat yang akan beraktivitas di jalan ini ataupun memperlancar jalannya transportasi," ujarnya. (*)


Wartawan : Alvino
Editor : Siska Afriani

Tag :#Ekskavator per kecamatan #Solok Selatan #Alat berat #Sumbar

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News