HOME PENDIDIKAN KOTA SOLOK

  • Kamis, 16 Juni 2022

SMAN 1 Kota Solok Terima 416 Peserta Didik Baru

Kepala SMA 1 Solok Eko Gunanto,Spd.
Kepala SMA 1 Solok Eko Gunanto,Spd.

Solok, (Minangsatu) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Solok untuk tahun pelajaran 2022/2023 menerima peserta didik baru sebanyak 416 orang. Peneriman dalam pengisian kelas sesuai kemampuan 13 ruang yang tersedia dengan jumlah 32 orang tiap kelas, sementara penerimaan dibagi dalam empat jalur pendaftaran.

Kepala SMAN 1 Solok Eko Gunanto,Spd kepada Minangsatu di Solok , Kamis (16/06/22) mengakui hal itu, sebab dalam pendaftaran hanya ada jalur Afirmasi, perpindahan tugas orang tua, bidang prestasi dan jalur zonasi.

Untuk Kota Solok SMA 1 yang pertama di Sumatera Barat Sistim Kredit Semester (SKS) terletak di jalur utama memang menjadi incaran dan idola bagi tamatan SLTP baik di Kota maupun Kabupaten Solok karna banyak melahirkan anak didik yang berprestasi. Hal demikian tidak dipungkiri Eko Gunanto yang kini SMA 1 dengan Akretasi A memiliki siswa sebanyak 1377 orang menempati 36 lokal. 

Jadi dengan sistim zonasi ini akan bisa mengurangi beban serta siswa akan tersebar di tiga SMA di Kota Solok," tukuk Eko.

Jalur zonasi artinya pengelompokkan sekolah berdasarkan lokasi dengan mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Sumatera Barat, SMA 1 yang terletak di Kelurahan Tanah Garam akan menampung tamatan SLTP untuk warga Kelurahan Tanahgaram, Enam Suku, Sinapa Piliang dan Kelurahan Sembilan Korong. 

Juga dikatakan Eko Gunanto, untuk Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi untuk SMA dibuka tahap III tanggal 28 hingga 30 Juni mendatang. Prioritas pertama wilayah jalur zonasi untuk jenjang SMA domisili CPDB sesuai zonasi sekolah. 

Selanjutnya, untuk tahap II bidang prestasi pendaftaran tanggal 22 sampai 23 Juni 2022 dengan menyertakan rapor semester 1 sampai 5 SLTP serta juga sertifikat tahfizf 2 juz, piagam peserta olahraga perorangan seperti beladiri Silat, Karate dan lainnya. 

Sedangkan untuk jalur Afirmasi tahap I pendaftaran tanggal 16 sampai 17 Juni 2022, jalur ini  juga dilengkapi kartu KIP/PKH serta surat pindah orang tua,"tambah Eko yang juga mantan Kepala SMA 3 Kota Solok.(*)


Wartawan : Zulnazar
Editor : Benk123

Tag :#kota solok

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News