HOME SOSIAL BUDAYA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Rabu, 30 Maret 2022

Semen Padang Sabet Dua Penghargaan Pada Ajang TOP CSR Awards 2022

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri (tiga dari kanan) dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin (tiga dari kiri) ketika menerima penghargaan TOP CSR Awards 2022 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 di Jakarta, Rabu (30/3/2022)
Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri (tiga dari kanan) dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin (tiga dari kiri) ketika menerima penghargaan TOP CSR Awards 2022 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 di Jakarta, Rabu (30/3/2022)

Padang (Minangsatu) - PT Semen Padang menyabet dua penghargaan pada ajang TOP CSR Awards 2022 dari Majalah Top Business. Kedua penghargaan itu adalah TOP CSR Awards 2022 #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2022 untuk Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar. 

Kedua penghargaan itu diserahkan di Jakarta, Rabu (30/3/2022), diterima Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri dan Kepala Unit CSR, Rinold Thamrin. 

Acara awarding TOP CSR Awards 2022 dihadiri Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Kementerian ESDM, Sampe L Purba, dan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro. 

Kemudian, juga hadir Ketua Dewan Pertimbangan Gerakan Bela Negara, Jenderal TNI (Purn) Agustadi Sasongko Purnomo, Staf Ahli Menteri PUPR, Firdaus Ali, Ketua Umum Lembaga Kajian Nawacita, Samsul Hadi, serta para komisaris, dirut dan dewan direksi, manajer, dan staf  atau tim CSR perusahan-perusahan finalis TOP CSR Award 2022. 

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri, mengaku bangga atas dua penghargaan CSR Award 2022 dari Majalah Tob Business. Tentunya, kedua penghargaan tersebut menjadi tolok ukur untuk mengetahui di mana posisi PT Semen Padang berada, khususnya dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) 

"Alhamdulillah, dua penghargaan ini tentunya menjadi motivasi perusahaan untuk terus menjalankan TJSL perusahaan terhadap lingkungan berdasarkan Permen BUMN No 05 tahun 2021, tentang Program TJSL BUMN," ujar Oktoweri. 

Dua penghargaan ini, kata Oktoweri, tentunya juga menambah deretan prestasi yang diraih PT Semen Padang, khususnya dalam program CSR perusahaan. Bahkan sejak 2018, sedikitnya ada delapan penghargaan di bidang CSR yang telah diraih PT Semen Padang. 

Oktoweri menjelaskan untuk penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2022 yang diraih Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar, tidak terlepas dari komitmen beliau selaku dirut yang terus mendukung program-program CSR perusahaan melalui berbagai kebijakan strategis CSR perusahaan. 

"Kebijakan strategis itulah yang menjadi salah satu indikator dalam penilaian TOP CSR Awards 2022, sehingga PT Semen Padang berhasil meraih penghargaan TOP CSR Award 2022 # Star 4, dan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2022," ungkap Oktoweri. 

Kepala Unit CSR PT Semen Padang, Rinold Thamrin menambahkan, penghargaan itu diraih tak terlepas dari dukungan stakeholders. "Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bahu membahu menyukseskan program TJSL perusahaan," katanya. 

Terkait beberapa kebijakan strategis CSR perusahaan dalam menjalankan program CSR, Rinold menyampaikan bahwa kebijakan tersebut di antaranya melakukan pendekatan dalam merumuskan isu-isu berkelanjutan melalui empat pilar, yaitu pilar ekonomi, sosial, lingkungan, dan hukum tata kelola. 

Kemudian, strategi bisnis berkelanjutan melalui Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial berlandasan triple bootom line, yaitu planet, profit dan lingkungan. "Kebijakan strategis itu selain berdasarkan Permen BUMN No 5 tahun 2021, juga berdasarkan ISO 26000 SR yang diadopsi CSR perusahaan, seperti pendidikan, melestarikan lingkungan dan juga melestarikan keanekaragaman hayati," katanya. 

Salah satu keanekaragaman hayati yang dilestarikan, sebut Rinold, adalah mengkonservasi ikan bilih endemik di Danau Singkarak. Di mana, konservasi ikan bilih ini telah berhasil dilakukan perusahaan. Bahkan pekan lalu, ribuan ikan bilih hasil konservasi yang dilakukan perusahaan telah dikembalikan ke Danau Singkarak," ujarnya. 

Selain mengadopsi ISO 26000 SR dan Permen BUMN No 05 tahun 2021, hal lain yang dilakukan PT Semen Padang dan juga menjadi indikator keberhasilan PT Semen Padang dalam meraih penghargaan TOP CSR Awards 2022, adalah dengan mengadopsi Creating Shared Value-CSV (Berbagi Manfaat Bersama) melalui berbagai program CSR.*


Wartawan : Rivo / rilis
Editor : Benk123

Tag :#semen padang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News