HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG

  • Jumat, 31 Desember 2021
Semen Padang Bantu Korban Kebakaran Bandar Buat 800 Zak Semen
Walikota Padang Hendri Septa (dua dari kanan) didampingi Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati (paling kanan) menyerahkan bantuan 800 zak semen dari PT Semen Padang kepada Ketua Posko Kebakaran Bandar Buat Mairawati, Jum

Padang (Minangsatu) - PT Semen Padang menyerahkan bantuan semen sebanyak 800 zak kepada korban kebakaran 16 petak toko depan Pasar Pasar Bandar Buat, Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Walikota Padang Hendri Septa kepada Ketua Posko Kebakaran Banda Buek, Mairawati, Jumat (31/12/2021). 

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Kepala Unit Humas & Kesekretarian PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Kepala Seksi Bina Lingkungan Unit Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang Masykur Rauf, Staf Institutional Relation (IR), Agung Joko P. Dari Pemko Padang tampak hadir,  Kabag Humas dan Protokoler Amrizal Rengganis, Kepala Dinas Sosial Afriadi, Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifadi, Lurah Bandar Buat dan sejumlah korban kebakaran Bandar Buat. 

Walikota Padang Hendri Septa mengapresiasi kepedulian dari PT Semen Padang tersebut. "Alhamdulillah, saya rasa bantuan semen ini besar manfaatnya bagi para korban. Mudah-mudahan, bantuan ini menjadi ladang amal bagi PT Semen Padang dan seluruh karyawannya," kata Hendri Septa. 

"Mudah-mudahan, berbagai bantuan yang datang ini dapat mengurangi beban para korban kebakaran. Ini adalah rezeki dari Allah SWT. Allah ganti dengan yang baru. Untuk itu, diharapkan juga agar para korban ikhlas menghadapi cobaan kebakaran ini," katanya. 

Kebakaran yang terjadi di depan Pasar Bandar Buat ini, sebutnya, harus jadi pelajaran bersama. Dan, Pemko Padang juga akan terus berusaha untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran di Kota Padang. Bahkan pada 2022, Pemko Padang akan menyediakan armada Damkar disetiap Kecamatan di Padang. 

"Insya Allah tahun depan kita sediakan di setiap kecamatan ada armada Damkar, dan juga Mini Damkar untuk mengakses lokasi kebakaran di gang-gang sempit. Tujuannya, jika ada terjadi kebakaran armada tersebut bisa lebih dulu mengantisipasi kebakaran yang lebih luas," bebernya. 


Kepala Unit Humas & Kesekretarian PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati berharap bantuan semen ini dapat meringankan beban korban kebakaran, khususnya untuk membangun kembali petak kios yang sebelumnya ludes terbakar. 

"Duka yang dialami para korban turut kami rasakan. Apalagi masyarakat Bandar Buat adalah bagian dari masyarakat lingkungan perusahaan PT Semen Padang. Mudah-mudahan, bantuan semen ini dapat meringankan beban korban untuk membangun kembali kios-kiosnya yang terbakar," kata Nur Anita. 

Saat kebakaran terjadi katanya melanjutkan, PT Semen Padang juga bergerak cepat membantu korban kebakaran dengan menurunkan mobil pemadam kebakaran, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk memadamkan api. 

Berkat kerja keras dan sinergi dengan tim Pemadam Kebakaran Kota Padang,  dan masyarakat, api berhasil dipadamkan, sehingga kobaran api tidak meluas ke kios-kios lainnya. PT Semen Padang juga menurunkan Kemudian setelah itu, PT Semen Padang juga mengirim tim Unit CSR untuk melihat atau mensurvei kebutuhan para korban. 

"Dari hasil survei yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa kebutuhan para korban kebakaran di depan Pasar Bandar Buat adalah semen. Makanya kami hari ini, kami menyerahkan semen secara simbolis yang langsung diserahkan oleh Bapak Walikota Padang," ujarnya. 

Ketua Posko Kebakaran Bandar Buat Mairawati mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan semen. Apalagi bantuan semen ini bermanfaat sekali untuk membangun kembali belasan kios yang ludes terbakar. 

"Alhamdulillah, terimakasih PT Semen Padang. Bantuan ratusan zak semen ini sangat bermanfaat sekali buat para korban untuk menbangun kembali kios-kios yang terbakar," katanya sembari menyebut bahwa kerugian dari kebakaran mencapai Rp3,5 miliar. 

Seperti diketahui, kebakaran belasan kios di depan Pasar Bandar Buat terjadi pada 19 Desember 2021. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran tersebut, dan diduga kebakaran tersebut disebabkan oleh korsleting listrik.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : melatisan

Tag :#Bantuan Semen