HOME PARIWISATA KOTA PAYAKUMBUH

  • Jumat, 18 Oktober 2019
Semarakkan TdS 2019, Kota Payakumbuh Gelar Pacu Itik Dan Tari Pasambahan
Salah satu moment Iven Tour de Singkarak

Payakumbuh (Minangsatu) - Ajang balap sepeda tahunan bergengsi Tour de Singkarak (TdS) 2019 kembali digelar pada 1-10 November 2019 dengan menempuh  sembilan etape.

Dari ringkasan TdS 2019 yang diterima Minangsatu, Kamis (17/9), Kota Payakumbuh kebagian tempat start pada etape 5 pada 6 November 2019. Rute yang ditempuh pembalap pada etape ini adalah start Payakumbuh (Ngalau Indah) dan finish di Kabupaten Agam (Embun Pagi) dengan jarak tempuh 206.5 km. “Untuk menyemarakkan kegiatan TdS di Kota Payakumbuh, kita sudah menyiapkan berbagari rancangan kegiatan lomba pacu itik dan tari pasambahan untuk menyambut kedatangan atau pelepasan para pebalap di medan nan bapaneh komplek ngalau indah” kata Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olaharaga Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman.

Pada hari sebelumnya, tetangga kota Payakumbuh, yakni Kabupaten Limapuluh Kota lebih dulu menjadi ajang start para pembalap. Rute etafe ke-3 yang digelar pada 4 November 2019, start Kabupaten Limapuluh Kota ( Lembah Harau) finish Padang Panjang (Bank BRI) dengan jarak tempuh 125.0 km.

Rencananya Grand Opening TdS 2019 akan dilaksanakan di Pantai Gandoriah, Pariaman, pada 1 November 2019. Esok harinya, para pembalap akan memulai balapan di etafe pertama dengan rute Kota Pariaman (Pantai Gandoria) – Tanah Datar (Istana Baso Pagaruyung) dengan menempuh jarah 107.3 km.

Berikutnya,etafe ke -2 yang dilaksanakan pada 3 November 2019, mengambil rute Kabupaten Pasaman (Kantor Bupati Pasaman) – Kota Bukittinggi (Jam Gadang) dengan jarak tempuh 112.2 km.

Selanjutnya, para pembalap akan memulai etafe 4 pada 5 November 2019 di Dharmasraya (Kantor Bupati) – Sawahlunto (Lapangan Segitiga) dengan menempuh jarak 205.3 km.

Sehari kemudian, para pembalap memulai start balapan etafe 6 dari  Kabupaten  Solok  (Dermaga Singkarak)– Kabupaten Solok Selatan (RTH Padang Aro) dengan jarak  214.2 km.

Usai etafe 6, para pembalap dari berbagai negara ini kembali memulai balapan pada etafe 7. Rute di etafe ini adalah Kabupaten  Kerinci (Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro – Dermaga Danau Kerinci) dengan jarak 82.9 km.

Pada etafe ke 8, para pembalap akan menempuh rute Kota Sungai Penuh (Lapangan Merdeka) – Kab. Pesisir Selatan (Taman Painan) dengan jarak tempuh  200.4 km

 Pada etafe terakhir, yakni etafe 9, para pembalap kembali beradu cepat. Kali ini menempuh rute Kabupaten Pesisir Selatan (Pantai Carocok)  – Kota Padang (Pantai Cimpago) dengan jarak tempuh  107.7 km.


Wartawan : Fegi Andriska Putra
Editor : melatisan

Tag :#TdS 2019