HOME PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Selasa, 10 September 2019
Sekjen DPP Solok Saiyo Sakato, Eddie Moeras: Kadispar Sumbar Harus Luruskan Berita Terkait TdS
Pesepeda mancanegara dan nusantara di tepian Danau Singkarak

Arosuka (Minangsatu) - Sekjen DPP Solok Saiyo Sakato (S3), Eddie Moeras mengatakan bahwa Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian harus luruskan pernyataannya beberapa waktu lalu terkait tidak masuknya Singkarak menjadi rute TDS.

Seperti yang diketahui, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar membuat pernyataan di media baru-baru ini, (10/9) bahwa tidak dipilihnya Singkarak sebagai rute TDS tahun ini adalah atas permintaan Bupati Solok.

Menurut Eddie, pihaknya telah mengkonfirmasi kepada Bupati Gusmal perihal ini. "Setelah kami konfirmasi kepada Bupati, kami memperoleh beberapa butir pernyataan dari Bupati menyangkal pernyataan Kadispar Sumbar," tuturnya 

Diantara pernyataan Bupati antara lain tidak benar jika penyebab tidak adanya etape yang melintasi Kawasan Singkarak adalah merupakan Permintaan Bupati Kabupaten Solok. Yang sebenarnya terjadi adalah bahwa Bupati memang meminta Start TDS Di Arosuka dengan maksud untuk lebih memperkenalkan Ibu Kota Kabupaten Solok ke publik Nasional maupun mancanegara. 

Ditegaskan Eddie, alasan Dinas Pariwisata yang menyebutkan bahwa dengan masuknya Singkarak menjadi rute balapan lebih panjang jika start di Arosuka adalah kurang bisa diterima.

"Kalau rute melebihi batas pembalap, semestinya solusinya bukan menghilangkan Singkarak dari list. Tentunya ada solusi lebih bijaksana. Akan ganjil kedengarannya, Tour de Singkarak tapi tidak melewati Danau Singkarak," ulas Eddie.

Ditambahkan Eddie kalau kelebihan jarak tempuh jadi masalah, kenapa perlu mempertimbangkan sampai  ke Propinsi Jambi Segala. "Kami rasa ini kurang Rasional. Apakah event ini sudah berubah menjadi Proyek Sumbar dan Jambi?" tanya Eddie.

"Jadi Rute ini adalah merupakan kajian Team Teknis dilapangan dan bukan permintaan Bupati Solok. Kami berharap kajian ini perlu dipertimbangkan kembali. Dan kepada Bapak Oni Yulfian kami minta untuk mempertimbangkan dan meluruskan Pemberitaan ini," pungkas Eddie


Wartawan : Rivo Septian
Editor : T E

Tag :#TdS #danau singkarak #kabupaten solok #dpp solok saiyo sakato #eddie moeras