HOME PARIWISATA KOTA SAWAHLUNTO

  • Minggu, 22 Agustus 2021
Segera Rampung, Pembangunan Kawasan Wisata Danau Kandih Siap Mendukung Pariwisata Daerah
Kawasan Wisata Danau Kandih Digarap Investor Lokal

Sawahlunto (Minangsatu) - Kawasan Danau Kandih di Sijantang, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto sangat potensial untuk dikembangkan sebagai obyek wisata rekreasi dan wisata bermain keluarga. 

Danau Kandi punya sejarah terjadinya menjadi sebuah danau. Lubang bekas galian tambang batubara itu memiliki pesona alam khas pasca tambang. Menurut Jaswandi, kawasan danau Kandih bisa dijadikan sebagai tempat rapat/meeting room atau tempat acara pesta lainnya. 

Politisi dan pengusaha tambang batubara, Haji Jaswandi ternyata melihat peluang usaha dan investasi jangka panjang di kawasan danau tersebut. Menurutnya, sebagai putra daerah, ia merasa punya tanggung jawab moral membangun kampung halaman dengan membuka banyak lapangan kerja. 

Apalagi di kota Sawahlunto khususnya di Kecamatan Talawi sangat minim tempat tempat representatif untuk kegiatan menerima kunjungan tamu tamu dari luar daerah. 

"Harapan saya, tempat ini bisa membuka lapangan kerja bagi anak dan kemenakan. Mereka banyak yang tidak punya pekerjaan. Nantinya, selain lokasi obyek wisata, akan banyak usaha kita buka seperti rumah makan, ruang pertemuan dan tempat penginapan. Silahkan, putra putri daerah yang punya keahlian bisa bekerja disini, " ujar Jaswandi   

Wakil Ketua DPRD Sawahlunto Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu berharap dan selalu berdoa agar wabah Pandemi Covid - 19 segera berakhir sehingga kawasan wisata ini  dapat beroperasi dan terbukan untuk umum. Pembangunan kawasan wisata danau Kandi ini telah menelan investasi sekitar Rp 5 milyar. Ia mengatakan, situasi covid membuat proses pekerjaan menjadi terganggu.

"Mudahan mudahan Covid ini segera berakhir dan harapan kami pada bulan Desember 2022 nanti yaitu bertepatan dengan Ulang Tahun Kota Sawahlunto pada 1 Desember kawasan obyek Wisata danau kandi, kita dapat resmikan operasinya dan terbuka untuk umum," tandasnya.*


Wartawan : Hendra Idris
Editor : Benk123

Tag :#sawahlunto