HOME PARIWISATA KABUPATEN SOLOK

  • Selasa, 2 April 2019
Rizky Dan Astry Dinobatkan Sebagai Uda Uni Duta Wisata 2019
Rizky dan Astry Dinobatkan Sebagai Uda Uni Duta Wisata 2019

AROSUKA (Minangsatu) - Rizky Handarbeni Iqbal utusan dari kecamatan Gunung Talang dan  Astry Astuti Pangestu dari kecamatan Kubung dinobatkan sebagai Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok tahun 2019.

Penobatan Uda Uni Duta Wisata itu bersamaan dengan terpilihnya Uda Wakil 1 Noveldo Eko Putra (Payung Sekaki), Uni Wakil 1 Herlin Cahya Erwinda (Danau Kembar), Uda Wakil 2 Zaky  Andrean (Gunung Talang), Uni Wakil 2 Dita Sari (Bukit Sundi).

Kemudian Uda Uni Harapan 1, direbut Nurhidayah Muhcti (Pantai Cermin) dan  Sri Mutji Zali (Gn Talang). Uda Uni Harapan 2,  Indro Syafrinov (Gunung Talang) bersama Mutya Octavia (Lembah Gumanti).

Penetapan para pemenang uda uni duta wisata Kavupaten Solok ini berlangsung dalam serangkaian penikaian pada malam grand final yang berlangsung dihadapan 

Bupati Solok H. Gusmal, Sekda H. Aswirman, Ketua GOW Kab. Solok : Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin di Sport Hall GOR Batu Batupang, Sabtu (30/3) lalu.

Panitia lomba, Megi Putra  melaporkan pelaksanaan Uda Uni kabupaten Solok berlangsung sejak tanggal 1 sampai 15 Maret 2019. Penilaian meliputi minat dan bakat, bahasa Inggris dan Public Speaking, pengetahuan umum, organisasi, etika dan kepribadian.

Searah, Kadis Pariwisata dan kebudayaan Yandra memastikan, pemilihan uda-uni duta wisata kabupaten solok merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Solok ke 106 tahun 2019.

Tujuan diadakan pemilihan uda uni duta wisata, ulas Kepala Disparbud, sebagai langkah awal percepatan pembangunan bidang kepariwisataan, disamping ajang promosi dan melestarikan nilai-nilai budaya lokal. " Pemilihan Uda Uni Duta Wisata sekaligus untuk mencari bibit-bibit bebakat sebagai duta kabupaten solok ditingkat  Provinsi dan Nasional," jelasnya.

Menyambut itu, Bupati Solok diwakili Sekda Azwirman, mengaku sangat komit terhadap percepatan pengembangan kepariwisataan daerah dan mensinergikannya dengan nilai- nilai budaya lokal yang digerakkan seluruh stakeholder. 

Meburutnya,  pembangunan dan pengembangan destinasi wisata unggulan, sangat penting untuk pencitraan wisata melalui promosi dan pemasaran, pelestarian kebudayaan lokal dan kesenian anak nagari. " Karena itu peningkatan kemitraan dengan stakeholder pariwisata menjadi penting," ujarnya. 

Terhadap itu, Sekda Aswirman memandang pemilihan uda uni duta wisata kabupaten solok menjadi momentum untuk mangangkat Citra pariwisata kabupaten solok yang selama ini masih " tertidur " dengan potensinya.

Sekda Aswirmab berharap pemulihan Uda-Uni Duta Wisata tidak hanya bersifat seremonial dan sebatas pemilihan duta wisata belaka. " Kedepan even ini diharapkan dapat berperan lebih aktif sebagai agen pembangunan pada sektor pariwisata di kabupaten solok," tuturnya.

Dianjurkan, setiap finalis agar mempunyai program kerja unggulan yang terkait dengan pembangunan sektor pariwisata di 3 kawasan prioritas, yaitu kawasan danau kembar, danau singkarak dan kawasan taman hutan kota wisata Arosuka. " Setiap stakeholder pariwisata, termasuk uda uni dapat bekerjasama dan bersinergi dengan sektor lainnya," sebut Sekda


Wartawan : Garnadi
Editor : melatisan

Tag :#duta wisata 2019