HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

  • Rabu, 27 Februari 2019

Rangkaian TMMD Ke-104, DPKH Sumbar Lakukan Inseminasi Buatan

Dalam rangka TMMD ke-104, DPKH Sumbar gelar inseminasi buatan
Dalam rangka TMMD ke-104, DPKH Sumbar gelar inseminasi buatan

Tuapeijat, (Minangsatu) — Dalam rangka menyemarakkan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Sumatera Barat bersama Kodim 0319 Mentawai dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai, memberikan Inseminasi Buatan (IB) pada sapi di Kepulauan Mentawai, Rabu (27/2).

Dalam kegiatan tersebut sedikitnya 83 sapi milik kelompok tani di tiga desa di Kecamatan Sipora Utara, diantaranya Desa Sipora Jaya, Desa Bukit Pamewa dan Desa Sido Makmur, diberikan IB dan mengecek kesehatan terhadap hewan sapi tersebut.

Kepala DPKH Provinsi Sumbar Drh. Erinaldi mengatakan bahwa kegiatan pemberian IB tersebut dalam rangka menyemarakkan TMMD Ke-104 di Mentawai bersama Pemda setempat dalam program Gebyar Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWB), dimana selain pemberian IB, pihaknya juga memberikan vitamin, pemeriksaan kebuntingan, sinkronisasi birahi dan penanganan gangguan reproduksi pada sapi. 

"Sebetulnya ini program ini upaya kita untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kepulauan Mentawai dan ini merupakan yang kedua kalinya, kita melakukan pembinaan terhadap kelompok peternakan di Mentawai dan kegiatan pemberian IB Tahun lalu, sekarang sudah nampak hasilnya, nah kita harapkan kedepan tetap berlanjut," kata Erinaldi kepada wartawan di Balai Benih Unggul (BBU), Jalan Raya Tuapeijat Km 8, Kecamatan Sipora Utara.

Menurutnya peternakan sapi di Mentawai sebaiknya menerapkan sistem lepas atau tidak dikandangkan, karena ia melihat lahan di Kepulauan Mentawai ini masih sangat luas, "Jadi memelihara sapi itu ada dua cara, ada yang dikandangkan dan ada yang tidak dikandangkan, tergantung kepada peternak itu sendiri, namun pada prinsipnya hewan ini hidupnya di alam bebas, jadi yang dikandangkan itu mungkin sistem peternakan di kota, jadi peternak yang cari makannya," imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Dandim 0319 Mentawai yang diwakili Danramil Kecamatan Sipora Selatan Kapten Inf J. Sihaloho dan Pasiter Kodim 0319 Mentawai Kapten Inf Syarial, Kabid Produksi Peternakan Provinsi Sumbar Diarmajadi, Sekretaris Dispangtan Mentawai Hatisama Hura, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Mentawai Zakirman dan para peternak sapi yang datang membawa sapi untuk diberi IB. (red)


Wartawan : te
Editor :

Tag :TMMD 104 #Mentawai #IB

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com