HOME OPINI OPINI

  • Selasa, 26 Oktober 2021
PSIS Semarang Versus Persib Bandung, Rekor Siapa Paling Langgeng?
PSIS Semarang versus Persib Bandung

Oleh : Rivo Septian
Reporter Minangsatu


PSIS Semarang dan Persib Bandung akan saling adu kekuatan pada match day 9 BRI Liga 1, Selasa 26 Oktober 2021, pukul 18.15 malam WIB. Melihat tabel klasemen sementara,  Persib berada di posisi tiga sedang PSIS persis 1 tingkat di atasnya, yaitu di posisi kedua. Pemuncak klasemen masih dipegang oleh Bhayangkara FC.

Laga kedua tim diprediksi bakal menarik, karena hingga Match Day 8 baik Persib maupun PSIS belum pernah mengalami kekalahan pada gelaran Liga 1 tahun ini. Secara keseluruhan, Persib mengoleksi poin 16 hasil 4 kali menang dan 4 kali seri. Sedang PSIS meraup poin 18 berkat 5 kali menang dan 3 kali seri. 

Dilihat dari jumlah gol, PSIS juga sedikit lebih unggul dari Persib. Tim Mahesa jenar mengoleksi 13 gol dan 5 kemasukkan, sedang Tim Maung Bandung mencetak 12 gol serta 6 kebobolan. Sejauh ini, lini depan PSIS lebih unggul produktifitas dibanding lini depan Persib. Hari Nur Yulianto dan Jonathan Cantillana menjadi top skorer PSIS dengan masing-masing 3 gol. Sementara di kubu Persib, barisan depan agak mandek dengan Wander Luiz yang baru mencetak gol saat menghadapi PSS Sleman. Ezra Walianpun baru menyumbang 1 gol yang dihasilkaan saat mengalahkan Bhayangkara FC. Untuk Top Skorer tim dipegang oleh gelandang flamboyan Mohammed Rashid dengan koleksi 4 gol. Artinya, jika dilihat statistik gol dan pencetak gol, PSIS lebih unggul daripada Persib Bandung. 

Namun, keadaan nanti bisa saja berpihak kepada Persib Bandung jika anak asuh Ian Andrew tidak ekstra hati-hati. Menilik lima laga pertemuan terakhir kedua tim, Persib unggul 4-1 angka kemenangan atas PSIS. Duel dua kreator berdarah Palestina dijamin bakal menjadikan pertandingan seru. Mohammed Rashid di kubu Persib dan Jonathan Cantillana di kubu PSIS. Rashid yang memang asli Palestina sedang Cantillana lahir di Chile dengan garis keturunan Palestina. Sangat seru tentunya. Rashid atau Cantillana? 

Di barisan pertahanan kondisi PSISpun sedikit mengkhawatirkan. Absennya Jandia Eka Putra di bawah mistar bisa menjadi celah bagi pertahanan PSIS. Eks Semen Padang FC ini harus menepi sesaat dari lapangan guna pemulihan cedera lutut yang sedang dialaminya. Belum lagi palang pintu asal Brazil Wallace Costa yang masih belum fit 100 persen dan absen pada 2 pertandingan terakhir. Praktis, Mahesa Jenar mengandalkan duet bek muda Frendi Saputra dan M. Rio Saputro.

Kondisi lebih baik berada pada kubu Persib Bandung. Nick Kuipers dalam kondisi fit dan siap tampil.  Coach Rene Albert memiliki opsi apakah memasangkan Nick dengan Achmad “Jupe” Jufriyanto atau dengan Victor Igbonefo. Optimisme semakin bertambah seiring semakin cemerlangnya penjaga gawang Teja Paku Alam. Pemuda asal Painan Pesisir Selatan ini bisa memberikan rasa nyaman bagi lini pertahanan Persib. Teja sudah tampil 4 kali dengan kebobolan 3 gol dan 2 kali cleansheet. Laga menghadapi Bhayangkara sejauh ini merupakan laga terbaik yang dimainkan Teja. Terdapat beberapa save serta keberhasilannya menepis tendangan penalti Ezechiel N'Douassel menjadi sorotan penting fans dan media. Tejapun dihubung-hubungkan dengan posisi kiper untuk tim nasional Indonesia.

 

Menarik untuk ditunggu. Apakah Persib Bandung akan memperpanjang rekor tak terkalahkan? Atau PSIS Semarang akan menjungkalkan Persib Bandung? Jawabannya akan tersaji pada Selasa malam 26 Oktober 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta.
 

Perkiraan Susunan Pemain PSIS Semarang (4-3-3): Joko Ribowo; Frendi Saputra, Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Rio Saputra; Septian David Maulana, Brian Ferreira, Fredyan Wahyu; Jonathan Cantillana, Hari Nur Yulianto. Bruno Silva. 

Persib Bandung (4-3-3): Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Zalnando; Marc Klok, Dedi Kusnandar, Mohammed Rashid; Ezra Walian, Febri Hariyadi, Wander Luiz. 

Head to Head PSIS vs Persib Secara statistik, Persib unggul atas PSIS dalam hal rekor head to head. Tim Maung Bandung berpotensi mampu melanjutkan rekor impresifnya di Liga 1 2021 selama ini, jika melihat catatan statistik itu.*

Skor 5 Laga Terakhir PSIS vs Persib 
06/11/19 Persib vs PSIS 2 - 1 
21/07/19 PSIS vs Persib 0 - 1 
18/11/18 PSIS vs Persib 3 - 0 
08/07/18 Persib vs PSIS 1 - 0 
28/04/09 PSIS vs Persib 0 - 2 

Skor 5 Laga Terakhir PSIS 
25/09/21 Arema vs PSIS 0 - 0 
29/09/21 PSIS vs Madura United 0 - 0 
03/10/21 Persebaya vs PSIS 2 - 3 
15/10/21 PSIS vs Persik 3 - 0 
20/10/21 Barito Putera vs PSIS 0 - 1 

Skor 5 Laga Terakhir Persib 
23/09/21 Persib vs Borneo 0 - 0 
27/09/21 Persikabo vs Persib 0 - 0 
02/10/21 Persib vs PSM 1 - 1 
16/10/21 Bhayangkara vs Persib 0 - 2 
22/10/21 Persib vs PSS 4 - 2


Tag :#liga 1