HOME PENDIDIKAN KOTA PADANG PANJANG

  • Kamis, 28 Desember 2023

Pj Wako Sonny Tanda Tangani Prasasti Peresmian Ponpes Bahrul Ulum

Usai penandatangan prasasti Ponpes Bahrul Ulum, Pj Wako Sonny lakukan sesi poto bersama, Rabu (27/12/2023) kemaren.
Usai penandatangan prasasti Ponpes Bahrul Ulum, Pj Wako Sonny lakukan sesi poto bersama, Rabu (27/12/2023) kemaren.

Pj Wako Sonny Tanda Tangani Prasasti Peresmian Ponpes Bahrul Ulum 

Pd. Panjang.(Minangsatu) - Mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai kota santri, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Rabu (27/12/2023) kemaren, meresmikan satu lagi Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum terletak di Jalan Adam BB, Masjid Syathariyah, Kelurahan Balai-Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat. 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj Wako Sonny, disaksikan Ketua Yayasan Syeikh Inyiak Angku Aluma, Tuanku Mudo Ismed Ismail, S.Sos, Kapolsek Padang Panjang, Iptu Fauzan, Perwakilan Kantor Kemenag, Syaiful, Lurah Balai-Balai, Tedriyon, SAP, serta para jemaah Masjid Syathariyah dan tokoh masyarakat.

Disambutannya,Sonny menyampaikan, dalam konteks pendidikan, ponpes menempati posisi penting dalam pembangunan karakter bangsa. Pembangunan ponpes memiliki makna ganda sekaligus. Yakni, melahirkan generasi muslim yang memiliki integritas keilmuan dan keislaman tinggi, sekaligus menyiapkan kader-kader umat kelak akan berkiprah di tengah-tengah masyarakat, terangnya. 

Mudah mudahan keberadaan Pesantren Bahrul Ulum,  semakin banyak membawa manfaat bagi kita semua. Ke depan, dengan adanya ponpes ini akan semakin banyak muncul generasi  andal dan bisa menjadi pemimpin, hukum Sonny

Tuanku Mudo Ismed menjelaskan, awal berdiri ponpes berangkat dari semangat untuk mencetak generasi  berakhlak mulia, dan kuat dalam sisi agama di Padang Panjang. Pada Juni 2021 lalu, pondok ini mulai dibangun dengan sumbangan dari para donatur. Di Juli 2023 lalu, pondok ini sudah mulai melaksanakan proses belajar mengajar dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang  tergabung dalam satu lokal, sebutnya.

Tuanku menambahkan,  ponpes ini menganut kurikulum salafiyah menerapkan prinsip 70% ilmu agama, dan 30% ilmu pengetahuan umum  berbasis tingkat ulul.Semoga ponpes ini dapat terus berkembang, dan muridnya lebih banyak lagi. Termasuk dalam memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Padang Panjang, tandanya. 

Sementara Kakan Kemenang Padang Panjang, Drs. H Aliran Chan, M. Ag dihubungi terpisah, berharap, kiranya kehadiran ponpes Bahrul Ulum makin melengkapi Kota Padang Panjang sebagai kota santri, yang siap melahirkan intelektual agama dan calon calon pemimpin," sebut Alizar. 

 


Wartawan : Asril Dt. Pangulu Batuah
Editor : melatisan

Tag :#Ponpes #Prasasti #Pj. Wako Padang Panjang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com