HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Rabu, 23 November 2022
Pemkab Dharmasaya Kumpulkan Randang Untuk Korban Gempa Cianjur

Dharmasraya (Minangsatu) - Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, juga merupakan Ketua Umum Asisiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) perintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) H. Adlisman. S. Sos, M. Si., untuk menggerakan seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD) dan Stackholder serta seluruh lapisan masyarakat, agar ikut berduka atas musibah menimpa saudara kita berada di daerah Cianjur Jawa Barat, agar mengirim bantuan secepatnya kepada korban gempa Cianjur. 

Melalui Zoom Meeting dengan Sekda serta kepala OPD, Rabu (23/11/22), Sutan Riska menegaskan agar segera mengirim 1 Ton Rendang untuk diberikan ke korban gempa Cianjur. Bantuan Rendang akan sangat dirasakan manfaatnya oleh para korban. Hal ini, sesuai dengan apa yang telah dirasakan oleh warga Lumajang Satu tahun silam, merupakan korban erupsi Gunung Semeru. 

"Berpedoman kepada pengalaman tahun lalu, makan dari itu, Dharmasraya juga harus hadir untuk meringankan beban saudara kita di Cianjur dengan melakukan aksi serupa,"ujar Sutan Riska

Sebagai Ketum APKASI, sudah melakukan koordinasi dengan seluruh bupati, agar seluruh kabupaten turut hadir memberikan bantuan untuk korban gempa Cianjur.

"Sebagai Ketum APKASI berasal dari Tanah Minangkabau, berkomitmen untuk mengirimkan masakan terbaik daerah, yakni Rendang untuk dibagikan kepada saudara kita terkena musibah, sebutnya. 

Makan dari itu, dalam penggalangan donasi diserahkan sepenuhnya kepada Sekda, untuk dapat melaksanakan Merandang bersama, sehingga bantuan bukan 1 Ton, melainkan lebih.

Dalam hal ini, Sekda juga harus berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, atau instansi vertikal lainnya, termasuk juga DPRD, serta semua yang ingin ikut berpartisipasi, agar kegiatan "Merandang," sukseskan secara bersama. 

Ia juga berharap, Rendang dikirim untuk bantuan tersebut, memiliki kualitas dengan cita rasa terbaik. Artinya, hadirkan juru masak terbaik, sehingga rasa masakan rendang tersebut memiliki kualitas, dan benar-benar dapat dinikmati oleh saudara kita dengan baik. 

Mendapat perintah langsung dari Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekda H. Adlisman.S.Sos, M. Si., langsung menindak lanjuti, dengan membuat program memasak 1 ton Rendang bertajukan "Duka Cianjur Duka Indonesia." Dengan melibatkan seluruh Stackholder, hingga masyarakat. 

Menurut Adlisman, setelah selesai proses memasak dan pengemasan makan, Rendang siap saji itu, akan segera dikirim.  Hal ini, tentunya, niat ikhlas pemerintah Kabupaten Dharmasraya, beserta seluruh lapisan masyarakat, untuk membantu sesama sedang ditimpa musibah. 

"Telah bergeraknya Pejabat Dharmasraya hari ini, diharapkan juga kepada masyarakat untuk turut serta, baik secara individu, kelompok, maupun organisasi," pintanya.(*)


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor : Benk123

Tag :#dharmasraya, #randang, #cianjur