HOME PARIWISATA KOTA SOLOK

  • Selasa, 17 November 2020
Pemda Solok Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata Demi Kembalikan Ekonomi Masyarakat
Pjs Walikota Solok Asben Hendri memasang kokarde kepada peserta pelatihan pemandu wisata

Solok (Minangsatu)Penjabat Sementara Walikota Solok Asben Hendri mengakui pemandu wisata merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan wisata yang ada di Kota Solok. "Juga motor penggerak maju mundurnya kunjungan wisata ke objek wisata, sebab pemandu harus ramah, sopan, dan bisa menjelaskan objek wisata di daerahnya," ujar Asben Hendri dalam sambutannya ketika membuka Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata bertempat di salah satu hotel di Kota Solok, Selasa (17/11) pagi.

"Saya berharap komunikasi yang baik adalah modal dalam memajukan industri pariwisata yang ada di Kota Solok dengan meningkatkan kemampuan bahasa Internasional, serta pemahaman dalam pemanfaatan media sosial dan teknologi juga menjadi point dalam pelatihan ini," ungkap Asben di hadapan Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy Basri, Ketua LKKM H. Rusli Khatib Sulaiman, dan Narasumber Ir. Drs., Heldi, Ph.D Fakultas Pariwisata Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut Pjs Walikota mengatakan masalah wisata tidak hanya lokasi ditonjolkan, tapi juga masalah budaya harus dipertahankan. Oleh karena itu, pemandu wisata juga mampu menyampaikan dan menginformasikan tentang budaya di Ranah Minang khususnya urang Solok kepada wisatawan yang datang di Kota Solok.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Elvi Basri dalam laporan menyebutkan Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berlangsung sampai tanggal 21 November mendatang.

Pelatihan ini kata Elvi merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk mengembalikan ekonomi masyarakat akibat dihantam badan pandemi Covid-19. "Diharapkan melalui pelatihan nantinya akan tercipta SDM yang mampu menjadi pandu wisata di Kota Solok dan mampu menjalankan industri wisata di Kota Solok dari keterpurukan pada masa pandemi Covid-19," ungkapnya.


Wartawan : Zulnazar
Editor : susi

Tag :#PemdaSolok #Pelatihan #PemanduWisataEkowisata #KembalikanEkonomi #Masyarakat #KotaSolok