HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

  • Kamis, 9 Juli 2020

Pelecehan Seksual Terhadap Anak & Perempuan Kian Marak Di Bumi Sikerei: Bahas Solusi, Sejumlah LSM Datangi DPRD Mentawai

DPRD Mentawai Menerima Kunjungan 22 Gabungan  LSM dan Lembaga
DPRD Mentawai Menerima Kunjungan 22 Gabungan LSM dan Lembaga

Tuapeijat (Minangsatu) - Terkait kian maraknya pelecehan seksual terhadap anak dan  perempuan di Bumi Sikerei, sebanyak 22 LSM dan Lembaga Masyarakat mendatangi DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai di jl. Raya Tuapeijat KM 4 Sipora Utara, Rabu (8/7), untuk membahas solusi dan langkah-langkah yang hendak diambil.

Kunjungan LSM dan Lembaga Masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Anti Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan dan Anak itu adalah untuk menindaklanjuti unjuk rasa yang diadakan, Rabu (1/7) pekan lalu.  

"Unjuk rasa yang ditujukan pada penegak hukum ini agar proses hukum terhadap para pelaku dapat sesegera mungkin dituntaskan, dan jangan sampai kasus-kasus itu terhenti di tengah jalan," ujar ketua Aksi Nikanor Saguruk.

Koalisi LSM itu ditemui sejumlah anggota DPRD Mentawai, dipimpin oleh Wakil Ketua Jakob Saguruk, SE.

<!iklan!>

Jakob Saguruk mengatakan pihaknya sangat merespon perjuangan untuk mengawal kasus itu sampai ke pengadilan. "Kita akan support, dan kita DPRD akan panggil juga eksekutif untuk menanyakan persoalan ini. Karena kasus itu sangat memalukan daerah kita. Sampai saat ini sudah tercatat 39 kasus sejak 2015," ucap Jakob Saguruk SE saat memberikan penjelasan pada wartawan.

Jakob  Saguruk juga mengatakan kalau memang ada sanksi sosial ditengah tengah masyarakat, seperti hukum adat, bagi yang melanggar norma-norma yang dijunjung tinggi dalam masyarakat Nentawai di tulow (denda) para pelakunya. "Tapi bukan berarti pidana nya hapus begitu saja," kata Jakob.

Jakob Saguruk juga menghimbau pada masyarakat agar berani melaporkan kasus kasus seperti pelecehan seksual dan perbuatan cabul kepada pihak berwajib. 

Dia pun berjanji akan memberikan bantuan advokasi (bantuan hukum) pada keluarga korban.


Wartawan : Rijon Mentawai
Editor : sc.astra

Tag :#DPRDMentawai #LSM

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com