HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Kamis, 17 November 2022
Mendikbud Nadiem Makarim Buka POMNas XVII Sumatera Barat Tahun 2022
Mendikbud Nadiem Makarim diapit Gubernur Mahyeldi dan Rektor UNP Prof Ganefri Saat Pembukaan Pomnas XVII 2022

Padang (Minangsatu) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Mahasiwa Nasional (POMNas) ke-XVII di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (17/11/2022). 

Dalam sambutannya, Nadiem mengapresiasi penyelenggaraan POMNas di Sumbar. Ia menilai perhelatan olahraga mahasiswa sejalan dengan visi merdeka belajar.

"Sangat luar biasa, setelah sempat tertunda pelaksanaannya karena pandemi, akhirnya kita bisa menggelar kembali POMNas dan saya yakin ini juga semangat kita dalam menyelengarakan program merdeka belajar," jelasnya. 

Kepada atlet, Nadiem berpesan untuk selalu menjunjung tinggi nilai sportivitas karena inti dari pertandingan yang diselenggarakan tersebut adalah sebuah keberanian.

"Prestasi sebenarnya bukan dari medali, tapi keberanian. Hal tersulit sudah dilewati, yaitu keberanian untuk tampil, dan keberanian untuk maju untuk berkompetisi," tegas Nadiem. 

Sementara itu Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan penyelenggaraan iven olahraga mahasiswa ini dapat  memupuk persatuan, kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa, serta memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara, mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa. 

Ganefri menambahkan, POMNas juga sejalan dengan arahan Presiden RI untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional dan internasional. 

Hal senada juga diutarakan Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi. Dalam sambutannya Mahyeldi menyebut POMNas ini akan melahirkan atlet berkualitas khususnya untuk Sumatera Barat. 

Ia menambahkan, dengan adanyan pendidikan juga menjadikan atlet bisa meningkatkan kompetensinya agar bisa meraih prestasi di ajang nasional maupun internasional.

"Dengan adanya POMNas akan memberi motivasi kepada mahasiswa untuk memberikan kemajuan olahraga nasional dan internasional, mudah-mudahan dengan POMNas ini memberi semangat kepada pemuda di Sumbar untuk berolahraga," pungkasnya. 

POMNas tahun 2022 ini mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu Atletik, Bulu Tangkis, Karate, Pencak Silat, Renang, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pentaque, Sepak Takraw, Tarung Drajat, Tenis, Panjat tening dan Tae Kwon Do. 

 

Atlet yang bertanding pada pesta olahraga mahasiswa nasional ini sebanyak 2.959 atlet dari 412 Perguruan tinggi dari 34 Provinsi di Indonesia dengan memperebutkan total 1.274 keping medali.


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#pomnas2022 #pomnasxvii #unp #bapomi #mendikbud

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News