HOME OLAHRAGA KABUPATEN AGAM

  • Jumat, 13 Mei 2022
Menang Adu Penalti, Persepak Juara IKABA Cup 1 2022
Persepak, Juara IKABA Cup 1 2022

Batu Taba (Minangsatu) - Persepak Payakumbuh sukses menjadi kampiun perdana IKABA Cup 1 tahun 2022 setelah di partai final menaklukkan perlawanan tuan rumah AMRI Batu Taba. FC 2-4 (1-1), Jum'at (13/05/2022) di Lapangan Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Kemenangan Persepak harus ditentukan lewat adu penalti, usai kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. 4 penendang Persepak sukses menjalankan tugas dengan baik, sedang di kubu tuan rumah 2 eksekutor gagal mencetak gol.

Jalannya Pertandingan

Laga AMRI Batu Taba FC versus Persepak  berlangsung menarik sejak awal laga. AMRI sebagai tuan rumah terlebih dahulu menekan anak asuh Fahmi Ismail dan  Revo Ramadhan tersebut. Sebaliknya Persepak secara perlahan mencoba mencari celah di lini pertahanan AMRI yang digawangi Rahmadi Ilham dan Farid.

Persepak terlebih dahulu membuka peluang lewat tembakan jarak dekat Nofriadi Pitok, namun dengan sigap pemain bertahan Amri menutup ruang tembak striker Persepak tersebut. Sehingga gawang AMRI yang dijaga Rahmat masih aman dari kebobolan.

Tak ingin kehilangan muka di hadapan pendukungnya, AMRI balik menyerang Persepak. Tekanan bertubi-tubi anak asuh Syaiful dan Hamdi membuat pemain bertahan Persepak cukup kelabakan. Akibatnya beberapa kali barisan pertahanan Persepak melakukan kesalahan. Sebuah handsball pemain Persepak berhadiah freekick untuk AMRI yang langsung dieksekusi oleh spesialis freekick milik PSKB Bukittinggi Kurnia Ridho. Sayang, sepakannya masih bisa ditangkap dengan baik oleh penjaga gawang Persepak Wahyu.

Menit ke-8' kembali Kurnia Ridho mendapat kesempatan free kick setelah salah seorang pemainnya dilanggar oleh bek Persepak Rahmat. Namun, kembali lagi Kurnia Ridho belum beruntung. Sepakannya melayang tipis di atas mistar gawang Persepak. 

Asik menekan Persepak, gawang AMRI nyaris saja kebobolan andai sepakan volley Pitok tidak melambung tinggi di atas mistar gawang Rahmat.

Pertengahan babak pertama, gol yang ditunggu-tunggu publik Batu Taba akhirnya tercipta jua. Kali ini Kurnia Ridho membuktikan kelasnya sebagai seorang pemain kidal ulung. Bola crossingnya salah diantisipasi oleh Wahyu yang ternyata melucur mulus ke dalam gawang Persepak. Skor 1-0 untuk keunggulan AMRI.

Tertinggal 1 gol, Persepak tersentak. Aidil Putra Cs balik menekan habis-habisan tim tuan rumah. Sebuah sepakan free kick Aidil Putra masih bisa diblok oleh barisan pertahanan AMRI. Semenit berselang giliran Afdhal Ballack memperoleh peluang. Sayang, sepakannya masih belum mampu menembus jala gawang AMRI.

Memasuki paruh babak pertama, Persepak mampu unggul dalam penguasaan bola. Sebuah peluang emas kembali gagal dimanfaatkan Nofriadi usai tendangan bebas Aidil Putra menyasar kepala striker Persepak tersebut. 

Sementara itu, AMRI sesekali menekan lewat serangan balik. Penyerang AMRI Khoir melepaskan sepakan dari luar kotak, beruntung masih bisa diamankan Wahyu. 

Jelang akhir babak kembali AMRI dapat peluang emas. Tapi sayang, tandukkan Khoir usai menerima bola crossing Herman masih melebar. Skor 1-0 untuk keunggulan AMRI bertahan hingga istirahat babak.

Memasuki babak kedua, Persepak mencoba mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Aidil Putra mengancam lewat sepakan luar kotak, namun lagi-lagi belum bisa membobol gawang Rahmat. Lima menit pertama praktis dikuasai oleh anak-anak Payakumbuh.

Keasyikan menyerang, Lini pertahanan Persepak meninggalkan celah. Pemain pengganti AMRI, Fadel lepas dari kawalan pemain Persepak. Namun, terlalu lama dengan bola membuat pemain Persepak dengan segera mampu menutupi pergerakan penyerang AMRI tersebut. 

Tak lama berselang, handsball di daerah pertahanan AMRI berbuah hadiah tendangan bebas untuk Persepak. Afdhal Ballack melepaskan tembakan yang akurat, namun dengan sigap Rahmat masih bisa mengamankan tendangan tersebut.

AMRI nyaris menggandakan keunggulan, andai Eba mampu memaksimalkan peluang emas yang didapatnya. Penjaga gawang pengganti Persepak Agim berhasil menepis tembakan Eba yang sudah berhadapan satu lawan satu dengannya.

Beberapa menit berselang kembali Eba mendapat peluang. Diawali foul terhadap Khoir, wasit memberikan hadiah free kick untuk AMRI. Sayang, free kick Eba hanya  menghantam mistar gawang Agim. Begitu juga dengan peluang emas pemain pengganti Ivan, masih lemah dan mampu dibaca Agim dengan baik.

10 menit jelang bubaran, petaka menghampiri kubu AMRI. Kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna. Sebuah umpan lambung dilepaskan gelandang Persepak Reza ke wilayah pertahanan AMRI yang langsung menyasar Pitok. Dengan sedikit drive, Pitok mampu mengelabui Rahmat. Bola meluncur dengan bebas ke gawang AMRI. Skor berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim dan bertahan hingga peluit panjang. Laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, penjaga gawang Persepak Agim menjadi pahlawan tim usai mampu mementahkan 2 sepakan pemain AMRI. Sementara itu, 4 pemain Persepak sukses menjalankan tugas dengan baik. Skor akhir 2-4 (1-1) untuk kemenangan Persepak atas Amri. 

Berkat hasil itu, Persepak berhak atas hadiah uang 6 juta rupiah, 1 trofi tetap, dan 1 trofi bergilir yang diserahkan langsung oleh Bupati Agam Andri Warman. Sementara itu sebagai runner-up AMRI memperoleh hadiah sebesar 4 juta rupiah dan 1 trofi tetap.

IKABA Cup II 2023

Kepada awak media, Andri Warman meminta agar gelaran IKABA Cup bisa digelar tiap tahun dan dengan konsep yang semakin baik.
"Setelah 2 tahun kita dilanda Covid, sekarang sudah waktunya kita berkarya. Saya ingin turnamen ini bisa digelar setiap tahun. Terimakasih dan apresiasi saya kepada perantau asal Batu Taba yang telah menginisiasi turnamen sepakbola di kampung halamannya. Ini adalah bagus untuk gairah sepakbola Agam ke depan," katanya.

Senada dengan Bupati, Ketua pelaksana IKABA Cup 1 Yani Saputra juga menuturkan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada masyarakat Batu Taba baik yang di rantau maupun di ranah.

"Terimakasih banyak kepada masyarakat Batu Taba baik yang di kampung maupun di rantau serta stake holder terkait, Bupati, Camat, hingga Wali Nagari. Kita bertekad akan menggelar iven yang sama setiap tahun dengan format yang lebih baik tentunya," tuturnya.*


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#ikabacup12022 #ikaba #batutaba #awr #yanisaputra #amribatutaba #persepak #tarkam #sepakbolasumbar