HOME PERISTIWA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Kamis, 11 Agustus 2022
Mahyeldi Dan Supardi, Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Pameran Tunggal Yusman
Pematung Nasional asal Sumbar, Yusman dan beberapa karyanya.

Padang (Minangsatu) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, mengapresiasi dan mendukung rencana Yusman, pematung nasional, menggelar pameran tunggal bertajuk "Pak Dirman ; Indonesia 1949" di galeri Nasional, Jakarta sejak 1 September hingga 1 Oktober 2022 mendatang.

"Pak Yusman asal Sukamenanti Pasaman Barat Sumbar, bukan hanya dikenal sebagai seniman seni patung semata tetapi juga merupakan seorang tokoh seni rupa karena keuletan dan konsistensinya untuk tetap berkarya setiap ruang dan waktu dalam mengisi kegiatanya dalam dunia seni," ucap Gubernur.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menandatangani kata Sambutan Gubernur Sumbar yang akan dimuat pada katalogus pameran tunggal Yusman di Galeri Nasional Jakarta. Tim manajemen Yusman melakukan audiensi di gubernuram, Jalan Sudirman, Rabu (10/8/2022) malam.

Saat ditanya peluang kehadirannya, orang nomor satu di Sumbar ini pada pembukaan pameran tunggal Yusman nantinya, Mahyeldi, menjawab Insya Allah akan diusahakan hadir.

Sehari sebelumnya, Ketua DPRD Sumbar, Supardi, disela-sela kesibukannya di banggar DPRD Sumbar dalam agenda yang sama saat meminta sambutan tertulisnya oleh tim manajemen Yusman yang akan dimuat pada katalog menyatakan kegembiraannya. "Yusman satu diantara banyak seniman Sumbar yang tetap eksis berkarya untuk publik seni tanah air.

Kemampuan Yusman dalam menangkap karakter para pejuang dalam bentuk karya monumental dan relief-reliefnya selama ini sudah tidak diragukan lagi. Kini, kembali dibuktikannya membuat sederetan patung-patung Panglima Besar Jenderal Sudirman dengan segenap pasukannya yang akan digelar pada pameran  tunggalnya," ujar Supardi.

"Ingatkan saya sebelum pameran, untuk menghadiri pembukaan pameran nantinya. Insya Allah saya usahakan hadir," ujarnya Supardi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Yusman seniman patung nasional asal Sukamenanti, Pasaman Barat, ini melaksanakan pameran tunggal untuk ketiga kalinya di luar puluhan kali berpameran kolektif.

Pameran tunggal pertama digelar tahun 2017 dengan tema "Menandai Indonesia" di alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Pameran kedua berlangsung 2019 dengan tema "Dari Pasaman ke Istana Presiden" di museum Affandi Yogyakarta.

Di Sumbar sendiri Yusman dalam dua tahun terakhir mengikuti pameran kolektif bersama seniman asal Sumbar. Tahun 2020 mengikuti pameran "Dimension Space" di Taman Budaya Sumbar dan terakhir pameran besar Minangkabau Kini, di Agam Jua, Payakumbuh, November 2021 lalu.


Wartawan : Muharyadi
Editor : ranof

Tag :#Pameran tunggal #Yusman #Gubernur Mahyeldi #Ketua dprd Supardi #Sumbar