HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Sabtu, 6 Agustus 2022
Luar Biasa, Gol Nabil Asyura Bawa Epic Come Back Timnas U-16 Atas Vietnam
Nabil Asyura selebrasi usai cetak gol penentu ke gawang Vietnam

Sleman, Yogyakarta (Minangsatu) - Luar biasa. Demikian kata yang tepat mewakili perjuangan Timnas U-16 di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16. Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (06/8/2022), Indonesia berhasil menang setelah terlebih dahulu tertinggal 0-1 pada babak pertama.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Arkhan Kaka pada menit 51, dan gol penentu M. Nabil Asyura 4 menit setelahnya.

Berkat kemenangan ini, Timnas U-16 berhasil memuncaki klasemen Grup A dan lolos otomatis ke babak semifinal.

 

Jalannya Pertandingan 

Laga Indonesia dan Vietnam berlangsung ketat. Kedua tim berebut status juara Grup A, setelah sama-sama mengoleksi 6 poin hasil dua kemenangan sebelumnya. 

Indonesia, yang masih mengandalkan Arkhan Kaka di lini depan, beberapa kali mengancam lini pertahanan Vietnam. Namun, barisan belakang tim lawan bisa mementahkan peluang tuan rumah. 

Tak banyak peluang gol terjadi sepanjang babak pertama. Pada menit ke-18, Narendra Tegar melakukan percobaan tembakan ke gawang Vietnam, sayangnya bola sepakan Tegar masih bisa diredam Kiper Vietnam Pham Dinh Hai. 

Begitu juga dengan usaha sepakan jarak jauh Nabil Asyura pada menit 39', masih melambung jauh di atas mistar gawang Vietnam. 

Petaka menghampiri kubu anak asuh Bima Sakti pada menit 40'. Sebuah aksi diving pemain Vietnam Le Dinh Long Vu dianggap pelanggaran oleh wasit. Hadiah penalti diperoleh Vietnam. Kapten Nguyen Cong Phuong mampu mengecoh kiper Andika Fathir. Vietnam unggul 1-0. Skor tersebut bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua, Timnas U-16 mencoba menampilkan skema berbeda. Arkhan Kaka dan kawan-kawan menekan habis-habisan pertahanan Vietnam. Hasilnya, baru 6 menit babak kedua berjalan, Arkhan Kaka berhasil menyamakan keadaan. Diawali pergerakan Narendra Tegar di sisi kanan pertahanan Vietnam, putra kandung eks Timnas Purwanto tersebut, dengan tenang menanduk bola yang tidak bisa diantisipasi oleh Kiper Vietnam. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol Kaka semakin menambah percaya diri pemain Timnas U-16. Menit 55', giliran Putra Payakumbuh M. Nabil Asyura kembali mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan dari rekannya, pemain PPLP Sumbar ini mampu mengecoh penjaga gawang Vietnam. Skor 2-1 Timnas U-16 berbalik unggul atas Vietnam. 

Selepas gol Nabil, tensi laga semakin meninggi. Vietnam yang tak mau kehilangan poin, balik menyerang habis-habisan pertahanan Timnas U-16. 

Menit 86' sempat terjadi gol ke gawang Indonesia, namun wasit menganulir gol tersebut karena ada 'foul' dari pemain Vietnam kepada Penjaga Gawang Indonesia Andrika.

Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga akhir pertandingan. Nabil Asyura dan kawan-kawan lolos ke semifinal dengan status Juara Grup A dan akan berhadapan dengan Runner-up Grup B di babak semifinal nantinya.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : boing

Tag :#pialaaffu16 #timnasu16 #vietnam #nabilasyura #minangsatu #bimasakti #pplpsumbar

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News