HOME OLAHRAGA RANTAU

  • Senin, 6 Juni 2022
Lagi, Putra Padang Panjang Ke Kancah Profesional, Ibnu Mareza Gabung Persiba Balikpapan
Ibnu Mareza

Balikpapan (Minangsatu) - Setelah Afdal Yusra dikontrak Barito Putera, sekarang giliran 'Padang Panjang Wonder Kid' lain yang promosi ke Liga Profesional. Eks Batavia FC Ibnu Mareza resmi bergabung dengan klub Liga 2 Persiba Balikpapan.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ibnu kepada Minangsatu, Minggu (05/06/2022).
"Alhamdulillah Ibnu sudah sign dengan Persiba. Mohon do'a dan dukungannya semoga ini adalah next step yang lebih baik," ujarnya.

Di Persiba Ibnu akan kembali dilatih Ilham Romadhona yang juga pernah bekerja sama dengan Ibnu saat Batavia FC meraih Juara Liga 3 DKI tahun 2021.

"Mudah-mudahan bisa bersama-sama kembali dengan Coach Ilham memberikan hasil terbaik untuk masyarakat Balikpapan," harapnya.

Ditambahkan Ibnu, ia sangat menikmati progres dalam karirnya dan selalu berupaya untuk selalu menjadi lebih baik dari musim-musim sebelumnya.

"Saya sangat senang bisa bergabung di tim liga 2 sekelas Persiba. Kedepannya saya harus lebih kerja keras dan lebih berusaha lagi untuk bisa naik kelevel yang lebih tinggi dan bisa membanggakan ke dua orang tua saya," tuturnya.

Diakui Ibnu untuk sampai pada titik ini bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras.

"Bukan hal yang mudah untuk mempersiapkan diri dari level amatir promosi ke level profesional. Saya baru masuk ke level ini dan saya belum berbuat. Artinya kedepan tidak semakin mudah, justru semakin sulit. Namun, disanalah nanti kita bakal diuji. Semoga saya mampu melaluinya," harapnya.

Perjalanan Karir Ibnu Mareza

Ibnu Marezamily Putra dilahirkan di Padang Panjang 25 Maret 2000. Anak sulung dari pasangan Yusrizal dan Yulia Resmi ini, sejak kecil sudah diarahkan ayahnya untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Ibnu dilatih dan selalu di-support. 

Di usia 9 tahun, Ibnu diantarkan masuk SSB Kapur Putih, Bancah Laweh untuk belajar dasar-dasar bermain sepak bola. 

Setelah itu, Ibnu ditempa di berbagai SSB yang ada di Kota Padang Panjang. Di antaranya, SSB GMG Kecamatan PPT dan Akademi Sepakbola Dinas Porapar Padang Panjang. 

Ibnu juga pernah mengikuti turnamen Man-U (Nike) U-14  di Karawaci, Tangerang. Ibnu juga tercatat pernah berkarir di Tim Semen Padang U-17 dan U-20.

Berbagai prestasi telah diraih pemain dengan postur 175 cm ini. Baik untuk sekolah, Kota Padang Panjang, Tim Semen Padang U-17 dan Elite Pro Semen Padang yang pernah ia bela. Di antaranya pada tahun 2017 lalu, Ibnu membawa Kecamatan PPT sampai ke semifinal dan juara tiga pada 2019 di Kejuaraan Minangkabau Cup.

Ketika tampil dalam pertandingan, Ibnu lugas dan unggul bola atas yang merupakan karakter bermainnya. Pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah dan penyerang ini, juga merupakan pemain andalan Padang Panjang di perhelatan Porprov XV-2018 lalu di Kabupaten Padang Pariaman. 

Bersama tim Semen Padang, Ibnu pernah meraih juara 1 Piala Suratin U-17 yang berlanjut ke tingkat nasional di tahun 2017. 

Jelang  Liga 3 DKI Jakarta digulir, Ibnu Mareza dapat tawaran untuk bermain di Batavia Football Club (FC) Jakarta. Tawaran itu, atas rekomendasi Pelatih Kepala Tim Semen Padang U-17, Dian Rama Saputra dan Asisten Pelatih, Rian Damara yang sebelumnya telah melatih, Ibnu. 

Pasca terima tawaran, jadilah putra Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu mulai menapak karir semi profesionalnya di perantauan. Di Batavia FC, ia dilatih trio pelatih Supriyono, Ilham Romadona dan Bambang Harsoyo yang merupakan eks pemain timnas di ajang Piala Tiger 1996.

Dengan persiapan matang dan kekompakan tim, klub yang berdiri 2010 itu akhirnya keluar sebagai jawara Liga 3 DKI Jakarta dengan mengalahkan tim ASIOP pada final yang digelar 22 Desember lalu. 

Memasuki musim kompetisi 2022, Ibnu mulai menapaki karir profesional pertamanya bersama Persiba Balikpapan.  Bersama Coach Ilham dan pemain-pemain lainnya, Ibnu akan bertarung untuk mengembalikan 'Tim Beruang Madu' ke level tertinggi sepakbola nasional.

Curriculum Vitae Ibnu Mareza 

Cv lengkap ibnu : 
Nama : Ibnu Marezamily Putra 
Tempat tanggal lahir : Padang Panjang, 25 Maret 2000 
Tinggi badan : 175 cm
Berat badan : 65 kg

Prestasi:
•Tahun 2014 Piala Man-U (Nike) U-14 dikarawaci tanggerang.
•Tahun 2016 Piala Soeratin Semen Padang
•Tahun 2016 Juara 1 Piala soeratin U-17 Semen Padang tingkat Provinsi Sumatera Barat
•Tahun 2018 Juara 3 Minangkabau Cup (Padang Panjang Timur)
•Tahun 2019 Juara 3 Minangkabau Cup (Padang Panjang Timur)
•Tahun 2019 Liga 1 Elite Pro Academy Semen Padang 
•Tahun 2021 Juara liga 3 Tingkat DKI Jakarta  (Batavia FC)

Karir klub :
• Semen Padang Fc U-17/U-20 (2017-2019)
• Batavia FC (2021)
• Persiba Balikpapan (2022)


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi