HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG PANJANG

  • Rabu, 21 September 2022
Kemenag Padang Panjang Luncurkan Program Pelatihan Manasik Haji Mulai TK Sampai SLA
Kakan Kemenag Padang Panjang Drs. Alizar Chan, M. Ag.

Pd. Panjang (Minangsatu) - Mantapkan kesiapan para calon jemaah haji (calhaj) saat mengikuti proses berhaji di tanah suci, Kantor Kemenag Kota Padang Panjang, beberapa waktu lalu mulai luncurkan program pelatihan manasik haji ke sekolah-sekolah. Mulai TK, SD, SLTP sampai SLA. 

Hal tersebut diungkapkan Kakan Kemenag Kota Padang Panjang, Drs. Alizar Chan, M. Ag pada Minangsatu. com, Rabu (21/9/2022) petang. 

"Tujuan kita laksanakan pelatihan manasik haji mulai dari TK hingga SLA, supaya nanti mereka  mengetahui tentang tata cara proses berhaji, manakala kelak mereka akan tunaikan rukun Islam ke lima ke tanah suci," tutur Alizar. 

"Beranjak dari pengalaman selama ini, kerap ditemukan calhaj yang kebingungan manakala akan melaksanakan proses berhaji di tanah suci. Meski sudah ikuti proses manasik sebelum bertolak ke tanah suci, tetapi, faktor usia kerap menjadi masalah dalam pelaksanaan lapangan. Kalau sudah masuki usia senja, kita ini sudah pasti kerap palupo," lanjut Alizar. 

"Makanya, dari dasar itu lah kita meluncurkan program pelatihan manasik haji mulai dari jenjang pendidikan TK sampai SLA. Kalau dari kecil sudah memahami tentang tata cara proses ber haji, pada pelaksanaan nanti mereka tidak lagi merasa bingung saat berada di tanah suci. Bahkan, untuk pelatihan manasik  juga muncul permintaan dari beberapa OPD," tambah Alizar. 

"Saya berharap, pelatihan manasik haji ke sekolah sekolah ini kiranya nanti dapat menjadi bekal  bagi generasi kita akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci, dan  predikat haji mabrur dapat mereka raih. " Yang tak kalah penting perlu kita ketahui, untuk berangkat haji orang harus menunggu giliran sampai 25 tahun," terang Alizar. (*)


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : Benk123

Tag :#padangpanjang