HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Selasa, 3 Januari 2023

Jelang Liga 2 Kembali Bergulir, Tim Risk Assessment Mabes Polri Sambangi Semen Padang FC

Manejer Semen Padang FC saat memaparkan profil Semen Padang FC kepada tim Risk Assessment Mabes Polri, di Pangeran Beach Hotel, Selasa (3/1/2023).
Manejer Semen Padang FC saat memaparkan profil Semen Padang FC kepada tim Risk Assessment Mabes Polri, di Pangeran Beach Hotel, Selasa (3/1/2023).

Padang (Minangsatu)- Jelang kompetisi Liga 2 Indonesia kembali bergulir pasca tragedi Kanjuruhan, Tim Risk Assessment dari Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) sambangi Semen Padang FC, Selasa (3/1/2023). 

Risk Assessment adalah sistem penilaian suatu risiko kompetisi olahraga dengan cara membandingkan kriteria risiko yang telah ditetapkan. 

Ketua tim assessment, Kombes Pol Zuhdi mengatakan, diadakannya penilaian stadion peserta liga merupakan buntut dari kejadian Kanjuruhan Malang yang terjadi bulan Oktober tahun 2022.

Ia mengatakan, dengan adanya tragedi tersebut Polri merumuskan Peraturan Kepolisian Republik Indonesia nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan dan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. 

"Peraturan ini secara khusus mengatur sepakbola karena kita lihat sepak bola merupakan olahraga dengan peminat terbanyak di Indonesia," tuturnya di Pangeran Beach Hotel. 

Senada dengan itu, Manajer Semen Padang FC, Win Bernadino mengatakan, risk assesment merupakan pembelajaran bagi seluruh aspek penyelenggara kompetisi olahraga. 

Ia menambahkan, seluruh elemen perlu menyamakan pola berfikir agar tanggungjawab dan wewenang masing-masing elemen dapat berjalan semestinya. 

"Mudah-mudahan kita bisa mengambil hikmah dari tragedi tersebut, dan hikmah tersebut dapat menjadikan kita lebih baik," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pertamdingan Semen Padang FC, Edri mengatakan, Kabau Sirah mengajukan dua stadion untuk dinilai. Stadion tersebut adalah GOR H.Agus Salim dan Stadion Utama Sumatera Barat. 

Edri menjelaskan, selama pelaksanaan pertandingan Semen Padang FC di GOR H.Agus Salim belum pernah terjadi kerusuahan yang berakibat fatal. 

"Sebelum pertandingan itu kita menyiapkan prosedur undang-undang resmi untuk menyelenggarakan pertandingan sebaik mungkin," ucapnya. 

Lebih lanjut Edri berharap, hasil penilaian yang dilakukan assesor bisa melebihi target yang sudah ditetapkan.(*)


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#minangsatu #semenpadangfc #kabausirah #liga2 #polri #mabespolri

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News