HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Rabu, 19 Januari 2022
Fauqa Nurikhsan, Tekad Pemuda Pauh Kamba Bawa Batavia Promosi Ke Liga 2
Fauqa Nurikhsan, Pemain Batavia FC

Jakarta (Minangsatu) - “Ajo” dari Piaman memang sedang naik daun. Selain “Si Gondrong” Vio Harfiandi, satu nama yang juga jadi kunci kesuksesan Batavia FC meraih trofi Juara Liga 3 DKI adalah Fauqa Nurikhsan Aziz. 

Pemuda kelahiran Pauh Kamba 20 April 2002 lalu ini, selalu menjadi pilihan utama Supriono Prima dan Ilham Romadhona untuk mengisi posisi full back kiri sepanjang gelaran Liga 3 DKI 2021. Berkat penampilannya, Fauza telah berkontribusi 2 gol dan 1 assist untuk Batavia FC.

Fauqa kecil memulai menimba ilmu sepakbola di SSB Gempar di kampung halamannya Pauh Kamba. Selain itu, ia juga bergabung dengan SSB IPOS FC.  Tahun 2016, Fauqa dipinjamkan ke SSB Putra Brandon untuk ajang Piala Menpora regional Sumbar dan berhasil menjadi Runner-up.

Satu tahun berselang, penggemar Jordi Alba ini direkrut Akademi Tim Kabau Sirah Semen Padang FC. Fauqa menghabiskan masa 2 tahun di Indarung untuk mematangkan diri. Selama di Akademi SPFC, Fauqa sukses dua kali meraih runner-up Piala Suratin regional Sumbar yaitu U-15 dan U-17. Hingga akhirnya pada 2019 PS Tira Persikabo U-18 menjadi rantauan pertama Fauqa.

Memasuki medio 2020, Fauqa mencoba peruntungan bergabung dengan Batavia FC. Bersama “duo minang” lainnya yaitu Vio Harfiandi dan Ibnu Mareza, Fauqa sukses mengantar Batavia menjadi jawara Liga 3 DKI 2021.
“Bermain di Liga 3 DKI bersama Batavia FC adalah sebuah tantangan baru bagi saya. Semoga ini menjadi pijakan bagi karir profesional saya,” katanya kepada Minangsatu, Rabu (19/01/2022).

Menurut Fauqa, Liga 3 DKI sangat kompetitif dan memacu dirinya untuk selalu mengupgrade kemampuan serta wawasan bermain.
“Gaya khas permainan Jakarta dengan build-up serangan serta umpan-umpan pendek cukup menantang bagi saya. Saya sangat menikmati proses ini, semoga saya bisa terus berkembang,” harapnya.

Sama halnya dengan mayoritas Putra DKI lainnya, meskipun “anak rantau”, Fauqa dengan penuh optimisme mengejar mimpinya mengantar Batavia promosi ke Liga 2 dan berharap suatu saat bisa menjadi bagian dari Macan Kemayoran Persija Jakarta.
“Tentunya mimpi untuk menjadi pemain profesional akan terus saya perjuangkan. Semoga tahun 2022 ini bersama Batavia bisa promosi ke Liga 2. Insya Allah, dengan do’a dan dukungan dari orang tua suatu saat saya berharap bisa menjadi bagian dari skuad Persija Jakarta,” pungkasnya.*

Data Pribadi

Nama : Fauqa Nurikhsan Aziz
Tempat/tanggal lahir: Pauh Kamba, 20 April 2002
Posisi: bek kiri

Karir :
- SSB Gempar( Pauh Kamba)
- SSB IPOS FC
- Semen Padang u-15 (2017)
- Semen Padang u-17 (2018)
- PS Tira Persikabo u-18 (2019)
- Batavia FC (2020-sekarang)

Prestasi :
- Runner-up Piala Menpora 2016 bersama  SSB Putra Brandon
- Runner-up Piala Suratin U-15 regional Sumbar bersama Semen Padang FC (2017)
- Runner-up Piala Suratin U-17 regional Sumbar bersama Semen Padang FC (2018)
- Juara Liga 3 DKI bersama Batavia FC (2021).*


Wartawan : Rivo
Editor : Benk123

Tag :#fauqanurikhsan, #fauqanurikhsanminangsatu, #fauqanurikhsanbataviafc, #bataviafc, #liga3DKI, #pemainasalpauhkamba, #pemainasalpariaman, #akademisemenpadangfc