HOME PERISTIWA NASIONAL

  • Rabu, 30 November 2022
Evakuasi 6 Korban Gempa Cianjur, Semen Padang Apresiasi Kinerja Relawan TRC
Proses evakuasi korban gempa Cianjur oleh TRC Semen Padang

Padang (Minangsatu) - Manajemen PT Semen Padang mengapresiasi kinerja relawan  Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang dalam misi kemanusiaan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Apresiasi dari manajemen perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, disampaikan oleh Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, Rabu (30/11/2022) sore. 

Menurut Anita, manajemen mengapresiasi relawan TRC Semen Padang, karena sejak hari ketiga pasca-gempa hingga saat ini, relawan TRC Semen Padang telah ikut membantu SAR gabungan dalam melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa. 

Bahkan, selama menjalani misi kemanusian di lokasi gempa, relawan TRC Semen Padang sedikitnya telah membantu evakuasi 6 (enam) korban gempa yang tertimbun longsor dan reruntuhan bangunan. 

"Selain melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa, TRC Semen Padang juga membantu pendistribusian logistik berupa sembako dan kebutuhan lainnya dari posko bantuan ke lokasi pengungsian," kata Anita. 

Anita berharap kepada relawan TRC Semen Padang untuk terus memaksimalkan sumber daya yang ada untuk membantu SAR gabungan dalam melakukan pencarian terhadap korban gempa yang masih dilaporkan hilang. 

"Di samping itu, terus lakukan koordinasi dengan pihak terkait, jaga kesehatan dan utamakan keselamatan selama berada di lokasi gempa Cianjur. Insya Allah, misi kemanusiaan ini menjadi ladang amal bagi para relawan," ujarnya. 

Dihubungi terpisah, Koordinator TRC Semen Padang untuk bencana gempa bumi Cianjur, Saparudin, mengatakan pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu SAR gabungan dalam pencarian korban gempa yang belum ditemukan. 

Untuk hari ini, pencarian dilakukan sejak pukul 07.00 WIB pagi  hingga pukul 17.00 WIB. Untyuk mempermudah pencarian, TRC Semen Padang membagi 2 tim. Namun sayangnya, di warung sate tersebut belum berhasil ditemukan korban. 

Pencarian di sekitaran warung Sate Shinta yang tertimbun longsoran tanah akibat gempa itu kami lakukan bersama SAR gabungan. Pencarian dilakukan secara manual menggunakan cangkul dan sekop. 

"Selain itu, TRC Semen Padang juga membantu pendistribusian logistik berupa beras, selimut, minyak goreng, mie instan dan obat-obatan dari SIG untuk korban gempa di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang," katanya. 

Sebelumnya, Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar, melepas 10 relawan TRC Semen Padang ke lokasi bencana gempa di Cianjur. 10 relawan itu terdiri dari Saparudin, Daski Wandi, Syafriza, Syantos Priadinata, Indra Yokto Buana, Muhammad Hosen Nurdin, Armel Agusli, Novian, Andri Sumarli dan Rifo Asprilia. 

Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada Senin (21/11/2022) siang, dan berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebabkan dampak yang sangat besar hingga menelan banyak korban. Selain korban jiwa dan luka-luka, gempa juga menyebabkan banyaknya bangunan rusak berat.(*rilis)


Wartawan : Rivo Septian / Rilis
Editor : boing

Tag :#minangsatu #semenpadang #trc #bumn #erickthohir

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News