HOME PARIWISATA KOTA PAYAKUMBUH

  • Selasa, 21 Mei 2019
Embung Batang Dareh Bulakan Di Limbukan, Bakal Jadi Objek Wisata Baru Di Payakumbuh
Embung Batang Dareh Bulakan di Limbukan akan jadi objek wisata baru di Payakumbuh

Payakumbuh (Minangsatu) - Kota Payakumbuh bakal memiliki satu objek wisata lagi, yakni Embung Batang Dareh Bulakan yang terletak di Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan. 

"Sekarang ini pengerjaannya kita lanjutkan, dan sudah berlangsung sejak Februari 2019 ini, semoga target yang diberikan kepada kontraktor bisa mereka selesaikan," Kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Payakumbuh Muslim, ST. M.Si, di ruang kerjanya, Selasa (21/5).

Direncanakan, Embung Batang Dareh Limbukan yang dikerjakan oleh CV. Zelvitra ini akan diselesaikan dalam waktu 240 hari kalender sejak dimulainya kegiatan pembangunan lanjutan tersebut. 

Dengan adanya Embung ini tentu kecamatan Payakumbuh Selatan bakal punya objek wisata alam dan air dengan luas genangan 3 Ha. 

"Saat ini kita sedang giat dalam mengerjakan pembuatan pulau, persiapan pembuatan jembatan sepanjang  30 meter dan lebar 1,5 meter untuk penjalan kaki," kata Kadis PUPR.

Lokasi dari objek wisata embung ini sangat strategis, berada di sebelah kanan jalan dari Kota Payakumbuh menuju arah nagari Situjuh Limapuluh Kota, selain itu di lokasi ini juga tersedia rumah makan dan restoran terkenal, seperti RM Pongek OR Situjuah, Rumah Makan Hj Farida dan RM Lesehan. 

"Kita harap dengan adanya objek wisata baru ini, juga berdampak baik pada perekonomian warga sekitar, target kita mendatangkan wisatawan pecinta alam dan air," kata Muslim optimis. 

Sementara itu, Afrizal selaku pelaksana lapangan CV Zelvitra ditempat terpisah mengatakan, kalau objek wisata yang sedang dikerjakannya ini nanti selesai, dia optimis dengan keindahan alam yang ada di lokasi tersebut bakal menarik minat wisatawan ke Kota Payakumbuh. 

"Dengan keindahan alam di lokasi ini tentu akan menarik minat wisatawan untuk datang, kita juga menyiapkan spot foto yang bagus nantinya, seperti jembatan sepanjang 30 meter dan juga ada pulau di tengahnya nanti. Ini yang sedang kita kerjakan," kata Afrizal. 

Sebenarnya,  lokasi yang disiapkan pemko Payakumbuh adalah seluas 4 Ha, dengan 3 Ha merupakan lokasi embung, dan 1 Ha bangunan penunjang lainnya seperti areal untuk jualan bagi masyarakat sekitar.


Wartawan : Fegi AP
Editor : T E

Tag :Pemko Payakumbuh #pariwisata