HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PAYAKUMBUH

  • Senin, 1 November 2021

Capaian Vaksinasi Payakumbuh Sudah 54,2 Persen, Riza Falepi : Mari Bersama Kejar Target 70 Persen

Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat memimpin apel siaga Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh
Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat memimpin apel siaga Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh

Payakumbuh, (Minangsatu) - Pemerintah Kota Payakumbuh menargetkan dalam 2 Minggu kedepan atau hingga pertengahan November 2021 ini, target 70 persen vaksinasi Covid-19 sudah terealisasi. 

Hingga akhir Oktober 2021, angka vaksinasi Payakumbuh sudah menyentuh 54,2 persen, naik siknifikan dari awal Oktober yang mana baru mencapai 36 persen. Walikota Payakumbuh, Riza Falepi berharap sisa target 16 persen optimis dicapai pihaknya.

"Mulai hari ini, mari kita kuatkan tekad bersama mengejar 70 persen dalam 2 minggu kedepan. Setelah capaian lebih dari 70 persen, mungkin kita akan lebih fokus mencari sasaran vaksinasi secara door to door, ditemui warga ke rumah-rumah," kata Riza Falepi saat memimpin apel siaga Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh bersama para asisten, staf ahli, kepala OPD, direktur BUMD, camat, lurah, dan kepala puskesmas di halaman balai kota, Senin (1/11).

Dalam kesempatan itu, Riza memberikan apresiasi  kepada seluruh stekholder yang terlibat dan ikut menyukseskan Gebyar Vaksinasi dalam beberapa minggu yang lalu. 

"Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya. Bagaimana tenaga mereka yang selalu mengabdikan diri setiap hari dalam mewujudkan Kota Payakumbuh menuju herd immunity, demi kecintaan kepada masyarakat, karena mereka adalah tanggung jawab kita," katanya. 

"PNS sudah semua divaksin, paling yang tidak karena ada komorbid. Sementara itu, warga di kelurahan-kelurahan masih banyak yang belum divaksin, baik karena belum sempat maupun yang masih menolak. Dari data, kita juga telah mengakomodir vaksinasi bagi warga luar daerah karena mereka beraktifitas di kota," tambah Riza.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi berdoorprize (berhadiah) sejatinya bukanlah vaksinasi yang ditunggu-tunggu. Ia berharap pola vaksinasi seperti ini jangan dijadikan alasan sesorang untuk mau divaksin. 

"Harusnya kesadaran mendapatkan vaksin yang utama, bukan sembako dulu baru vaksin, itu kebutuhan kita, bukan orang lain," kata Riza.

Ia mengatakan, vaksinasi sangat penting untuk mencapai Herd Immunity di Kota Payakumbuh, masyarakat yang ragu harus cepat bersedia untuk divaksin. Kalau alasannya komorbid tentu bisa diterima, tetapi kalau mereka sehat tapi tidak divaksin tentu harus diajak dengan cara yang persuasif dan humanis.

"Bagi yang sudah vaksin, sampai saat ini semuanya kan baik-baik saja. Sampaikan kepada keluarga dan tetangga agar mau divaksin, vaksinnya aman dan halal kok. Mari kita sama-sama berjuang untuk mencapai Herd Immunity," pungkasnya.*


Wartawan : Fegi Andriska
Editor : Benk123

Tag :#payakumbuh

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com