HOME PARIWISATA KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Jumat, 30 Oktober 2020
Cagub Sumbar Nasrul Abit Akan Libatkan Masyarakat Dalam Pengembangan Kawasan Wisata Mandeh
Cagub Sumbar Nasrul Abit Akan Libatkan Masyarakat dalam Pengembangan Kawasan Wisata Mandeh

Pesisir Selatan (Minangsatu) - Agar sejalan dengan perkembangan ekonomi, Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyampaikan bahwa pengembangan kawasan wisata Mandeh harus melibatkan masyarakat setempat.

“Mandeh ini akan kita bangun sesuai dengan keinginan awal kita bersama masyarakat,” ujarnya saat mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh di Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Rabu (28/10).

Lebih lanjut dijelaskan perkembangan kawasan wisata Mandeh saat ini sudah bisa dirasakan oleh masyarakat setempat. Buktinya, sebagian masyarakat Ampang Pulai mengais rezeki dari menyewakan perahu sebagai sarana keliling para wisatawan di kawasan wisata Mandeh. “Dulu akses sulit. Setelah akses jalan dibuka, Mandeh mulai berkembang. Apalagi setelah jalan Terusan tembus Bungus selesai semakin banyak wisatawan berkunjung. TdS kemarin juga lewat Mandeh. Kita akan terus benahi dan promosikan Mandeh ke dunia Internasional,” tambahnya.

Bupati Pesisir Selatan tahun 2005-2015 itu juga berpendapat bahwa kawasan wisata Mandeh harus ditata sedemikian rupa. Dengan demikian, dapat dibedakan antara objek wisata yang bisa digarap investor dengan objek wisata yang dapat dikembangkan masyarakat. “Pembangunan rumah jangan membelakangi laut. Bangunan tempat masyarakat berjualan juga harus diatur sehingga tidak merusak keindahan Mandeh.”

Menanggapi hal tersebut, salah seorang tokoh masyarakat Ampang Pulai, Asrizal, menyambut baik tawaran yang diberikan. “Beliau selalu melibatkan ninik mamak dalam pembangunan. Makanya jarang pembangunan beliau ditolak masyarakat. Saya salut beliau selalu sejalan dan memberdayakan ninik mamak untuk pembangunan. Kami suka pemimpin yang bisa masuk ke semua kalangan ini,” ujarnya.

Asrizal percaya akan perkataan Nasrul Abit karena menurutnya sudah terbukti dengan pembangunan pinggir laut Tarusan sejak menjadi Bupati Pesisir Selatan. Ditambah lagi dengan sudah adanya pembangunan kabupaten tersebut dari segi infrastruktur hingga pariwisata selama sepuluh tahun.


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-zahra/rilis
Editor : susi

Tag :#CagubSumbar #NasrulAbit #WisataMandeh #Masyarakat #Pessel