HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN PASAMAN

  • Sabtu, 22 Juli 2023

Bupati Pasaman, Benny Utama Bawa Kabupaten Pasaman Lebih Baik Dan Bermartabat

Kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas Bupati Pasaman Benny Utama
Kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas Bupati Pasaman Benny Utama

Lubuk Sikaping (Minangsatu) - Bupati Pasaman, H. Benny Utama dalam kepemimpinannya bersama Wabup Sabar AS selalu berbuat untuk mensejahterakan masyarakat Pasaman.

Berbagai sektor secara bertahap mulai bangkit dan maju berkembang. Diantaranya, sektor pertanian dan sektor pembangunan insfrastruktur dan sektor lainnya.

Ada banyak sejarah yang dicatatkan Ninik Mamak 'Pucuak Sara' Kanagarian Tanjuang Baringin Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman ini. Benny Utama Mengawali karirnya sebagai Jaksa di Kejaksaan Negeri dan Kejaksaan Tinggi di berbagai provinsi, lalu kemudian banting stir memilih jadi pengusaha perkebunan sawit dan usaha swasta lainnya.

Ada tiga sejarah besar yang mampu dan telah ditorehkan Benny Utama dalam karir politiknya.

Pertama, tercatat sebagai politisi pertama di Pasaman yang bisa melampaui Bilangan Pembagi Pemilih (BPP). Kala itu, pria berparas ganteng ini berhasil meraup sekitar 6.000 suara di Dapil Pasaman 1 (Lubuk Sikaping, Bonjol, Simpati dan Tigo Nagari). Keberhasilan ini juga mengantarkan Benny Utama menjadi Ketua DPRD Pasaman Periode 209-2014.

Kedua, Benny Utama merupakan satu satunya Politisi di Sumbar saat ini yang pernah menempati tiga posisi penting di daerah. Pernah menjadi Wakil Bupati (2000-2004), pernah menjabat Ketua DPRD (200-2010) dan menjadi Bupati Pasaman dua setengah periode, 2004-2005, kemudian 2010-2015 dan 2020-2025.

Menariknya lagi, dalam jabatan eksekutifnya itu, Benny Utama banyak mengukir prestasi gemilang dan bergengsi. Bahkan tiada tahun tanpa prestasi buat Pasaman.

Diantara yang hebat-hebat itu, adalah raihan prestasi Pemerintahan Tertinggi di Indonesia (malah satu-satunya di Pulau Sumatera), berupa Satya Lencana Parasamya Purna Karya Nugraha dan Benny Utama juga dinobatkan Presiden RI sebagai Bupati Berkinerja Sangat Tinggi di Indonesia di tahun 2014 dan 2015.

Ketiga, terlibat tujuh kali bertarung dalam kancah poltik pada dua dasawarsa terakhir.

Benny Utama memang punya mental petarung dan handal di dunia politik. Kendati sempat jatuh bangun di gelanggang politik, namun performanya tetap stabil dan elektabilitasnya tetap terjaga.

Keempat, Pilkada melawan Kotak Kosong pertama di Sumatera Barat. Pilkada 2020 kemarin merupakan pilkada Pasaman bersejarah dan mencatatkan sejarah di Sumbar. Untuk pertama kali dan baru pertama terjadi Pilkada melawan kolom kosong di Pasaman dan Sumatera Barat.

Realita politik ini jelas dan tidak bisa dilepaskan dari faktor ketokohan Benny Utama di Pasaman. Dalam Pilkada itu Benny-Sabar AS meraup 83,48 % atau 104.363 suara.

Ada 128.978 pemilih yang menggunakan hak suaranya di Pilkada Pasaman. Mereka memilih di 707 TPS yang tersebar di 12 kecamatan. Dari total pemilih itu, 125.013 suara dinyatakan sah sementara sisanya tidak sah.

Dan kini, jelang agenda politik lima tahunan mulai dilangsungkan, kabar angin kembali berhembus. Petarung Politik dari wilayah perbatasan Sumbar-Sumut ini, digadang-gadang bakal menjajal kembali 'Permainan Keras' di 2024 nanti.

Kebijakan dan program Bupati Pasaman, Benny Utama dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, kembali diapresiasi Pemerintah Republik Indonesia. Program asuransi kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman secara Universal Health Coverage (UHC), akhirnya diganjar sebagai prestasi Nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

Penghargaan UHC itu diterima Bupati Pasaman H. Benny Utama dari Mendagri Tito Karnavian, di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa,(14/3).

Ini merupakan buah kerja keras Pemkab. Pasaman dalam mengimplementasikan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada masyarakat di daerah.

Dijelaskan Budhi Hermawan selaku Kadis Kominfo Pasaman, bahwa penghargaan UHC yang diraih Pemkab Pasaman, merupakan apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah secara nasional, termasuk Kabupaten Pasaman, dalam menjabarkan program Indonesia Sehat melalui JKN-KIS.

"Dari awal menjabat Bupati Pasaman Bapak Benny Utama sudah berkomitmen penuh menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional melalui program Universal Health Coverage bagi seluruh masyarakat Pasaman," kata Budhi.

Khusus di Kabupaten Pasaman, sesuai misi dan program unggulan Pemkab. Pasaman, menempatkan Program Pasaman Sehat sebagai prioritas utama, dengan program berobat gratis di seluruh tingkat Layanan Kesehatan, mulai polindes, puskesmas dan rumah sakit yang ada di daerah itu, hingga rujukan ke rumah sakit besar yang ada di Kota Bukittinggi dan Padang.

Selanjutnya, program Pasaman Cerdas. Salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap warganya dalam program Pasaman cerdas itu, adalah pendidikan sekolah gratis mulai dari sekolah tingkat SD hingga SLTA.

Kemudian, pemerintah daerah juga melaksanakan program Pasaman terakses. Dalam program ini, pemerintah daerah akan terus memacu pembangunan daerah pinggir di lima kecamatan di daerah ini melalui berbagai program yang sumber dananya mulai dari DAU, DAK dan APBD tiap tahunnya.

Program dibidang keagamaan juga menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah di masa mendatang. Alokasi anggaran untuk guru MDA/TPQ/TPSQ, juga sudah dianggarkan di APBD tiap tahunnya. Ditambah lagi untuk insentif guru PAUD di Pasaman juga sudah dianggarkan.

Program bidang pertanian juga menjadi perhatian khusus oleh pemerintah daerah. Pemkab Pasaman selalu mendorong masyarakat yang bergerak dibidang pertanian, dan itu dilakukan berdasarkan keunggulan lokal, seperti pengembangan lahan perkebunan enau, ditambah lagi tanaman tumpang sari lainnya.


Wartawan : M. Afrizal
Editor : boing

Tag :Pembangunan *Benny Utama

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Bergabung ke Komunitas Whatsapp Dunsanak MinangSatu