HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Jumat, 12 Agustus 2022
Bupati Dharmasraya Lepas Kontingen Pramuka Kwarcab 18/Dharmasraya Ke Jambore Nasional XI
Bupati Dharmasraya Sutan Riska saat melepas kontingen Kwarcab ke Jambore Nasional

Dharmasraya (Minangsatu) - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sekaligus sebagai Ketua Majilis Pembimbing Cabang (Kamabicab), lepas kontingen Pramuka Kwarcab 18/Dharmasraya ke Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, berlangsung selama slSembilan hari, dimulai dari Jumat (12/8/22).

Keberangkatan Kontingen sebanyak 21 orang, terdiri dari 8 orang regu puteri, 8 orang regu putera, ditambah 5 orang pendamping terpilih dari seluruh Kwartir Ranting (Kwarran), berlangsung dihalaman kantor bupati setempat Kamis (11/8/22).

Sutan Riska mengatakan Jamnas Pramuka merupakan pertemuan besar Penggalang dalam pembinaan rekreatif dan edukatif di alam terbuka. Kegiatan tersebut dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitik-beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian. 

“Seluruh peserta Jambore Nasional XI tahun 2022,akan diberikan penguatan nilai-nilai kebangsaan, patriotisme, kemandirian, sprilitualitas, toleransi, persatuan, keberagamaan dan demokratis. Sehingga menciptakan generasi yang selalu ceria dalam berbagai situasi, serta memiliki dedikasi pada bangsa, memiliki prestasi yang membanggakan bagi keluarga, masyarakat dan negara,” terang Sutan Riska. 

Ia juga menambahian peserta Kontingen Kwarcab Dharmasraya berangkat ke Jamnas ini, harus bersyukur, karena mendapatkan  kesempatan emas untuk menjadi peserta pramuka terbaik diatas yang baik di daerah Kabupaten Dharmasraya. Pasalnya tidak semua orang mendapatkan  kesempatan tersebut. 

"Jangan meremehkan kesempatan baik ini, karena Jamnas merupakan momen paling ditunggu anggota Pramuka Penggalang di seluruh Indonesia. Bawa nama harum Kabupaten Dharmasraya dengan menjaga perilaku dan sopan santun. Ceritakan hal positif tentang daerah kepada seluruh peserta,” harap Sutan Riska.

Sementara, Ketua Kwarcab 18/ Dhamasaraya, H. Adlisman, S. Sos., M. Si., didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Disbudparpora,  Drs Sutadi, menerangkan, berdasarkan Juklak dan Juknis, peserta Jambore Nasional Pramuka XI memiliki peserta 16 orang tiap Kwarcab, terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri. 

"Bagi kader Pramuka belum terpikih menjadi peserta Jamnas tahun ini, agar tetap semangat dan selalu meningkatkan prestasi, sehingga tahun berikutnya, terpilih menjadi peserta Jamnas," ajaknya. 

Adapun keterbatasan peserta Jamnas kali ini, disebabkan Pandemi Covid-19 masih belum usai. Makan dari itu, panitia Jamnas membatasi peserta Kwarcab untuk mengikuti Jamnas. Semoga tahun berikutnya, kuota peserta lebih banyak, pungkasnya. 

Sebelum dilepas Bupati Dharmasraya memberikan uang saku kepada peserta Jamnas. Sebagai rasa bangga dan motivasi kepada peserta.(*)


Wartawan : Syaiful Hanif
Editor : Benk123

Tag :#dharmasraya