HOME OLAHRAGA KABUPATEN SOLOK

  • Jumat, 11 Februari 2022
Base Camp Terunik Di Indonesia Bisa Digunakan Oleh Pendaki Talang Sumbar
Basecamp unik bagi pendaki Gunung Talang, dibuat oleh Arei Outdoor Gear.

Padang (Minangsatu) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi pendaki gunung pra dan pasca pendakian, Arei Outdoor Gear sebuah perusahaan perlengkapan olahraga dan aktivitas luar ruangan di Kota Bandung mengusung kegiatan “Arei Peduli” dengan mempersembahkan shelter dan base camp kepada beberapa jalur pendakian gunung di Indonesia.

Setelah jalur pendakian Prau di tahun 2021, giliran jalur pendakian Talang via Aia Batumbuak yang memperoleh kesempatan. “Kami memilih Gunung Talang karena Gunung Talang adalah salah satu jalur pendakian favorit di Sumatera Barat. Untuk Gunung Talang kami persembahkan sebuah base camp terunik yang pernah ada di Indonesia,” ujar Tyo Survival, perwakilan Arei Outdoor Gear kepada Minangsatu, Jumat (11/2/2022).

Base Camp Talang disebut unik karena bangunan ini dibangun dua lantai dengan desain menarik menyerupai segitiga. “Base Camp Talang unik karena desainnya, yaitu berbentuk segitiga dengan alas persegi panjang dengan luas 9x5 meter. Juga dihiasi ornamen-ornamen sentuhan alam. Bangunan dengan total berat 2 ton ini berdiri dengan sangat kokoh dan dijamin aman untuk tempat peristirahatan para pendaki,” beber Tyo.

Untuk penerangan, Tim Arei Outdoor gear memanfaatkan solar panel, yaitu dengan menggunakan tenaga surya yang telah disetting otomatis sehingga tidak membebani ranger dan pastinya sangat membantu bagi para pendaki.

“Kegiatan pendakian sudah menjadi trend di kalangan anak muda, jadi kadang sisi safety sering diabaikan dan membawa peralatan seadanya. Ini adalah wujud rasa kepedulian terdapat pendaki, terlahirlah ide untuk membangun base camp atau shelter yang layak untuk pendaki. Terimakasih banyak buat Arei Outdoor Gear yang telah mewujudkan mimpi saya selama ini, membuat shelter emergency dan membuat base camp yang nyaman. Arei Tidak hanya menjual produk outdoor tapi juga peduli kepada pendaki,” jelas Tyo.

Lebih jauh pria yang dikenal dengan konten petualangannya ini menyebutkan bahwa proses pengerjaan Base Camp Talang memakan waktu lebih kurang 12 hari mulai dari pengerjaan awal hingga penyerahan kepada pihak ranger. “Proses pengerjaan Base Camp Talang dimulai dari 19 Januari 2022 dan rampung pada 2 Februari 2022. Dalam pengerjaan, saya bersama teman 3 orang dari Jakarta dibantu 3 orang sukarelawan dari Padang dan ranger di Aia Batumbuak. Dengan penuh perjuangan dan berbagai kesulitan, akhirnya Base Camp ini bisa kami selesaikan,” ulasnya.

Base Camp yang berada di rambu 6 jalur pendakian Talang via Aia Batumbuak ini sekarang sudah bisa dimanfaatkan para pendaki, tentunya pemanfaatan serta perawatan yang tepat untuk bangunan adalah menjadi tanggung jawab bersama, baik pihak pengelola jalur pendakian dan pastinya para pendaki itu sendiri.

“Harapan kami mudah-mudahan para pendaki bisa menggunakan basecamp ini dengan bijak dan bisa menjaganya agar tetap awet dan menarik bagi pendaki-pendaki lainnya untuk datang kesini,” pungkasnya.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : ranof

Tag :#Basecamp #Gunungtalang #Penerangantenagasurya #Sumbar #areioutdoor