HOME PEMBANGUNAN NASIONAL

  • Rabu, 10 Mei 2023

Aplikasi Nabuang Sarok Milik PT Semen Padang Diklaim Mampu Mengubah Budaya Pengelolaan Sampah

Asri Mukhtar Dt. Tumangguang Basa, Direktur Utama PT. Semen Padang (Foto: PT. Semen Padang)
Asri Mukhtar Dt. Tumangguang Basa, Direktur Utama PT. Semen Padang (Foto: PT. Semen Padang)

Batam (Minangsatu) - Aplikasi Nabuang Sarok tidak hanya dapat membantu pemerintah dalam pengolahan berbagai sampah yang ada di darat maupun laut, namun juga membantu mengubah budaya pengelolaan sampah masyarakat selama ini ke arah pemilahan sampah.

Demikian ditegaskan Direktur Utama PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa saat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang “Program Pengelolaan Sampah di Wilayah Laut dan Pesisir Kota Padang Melalui Aplikasi Nabuang Sarok”, Rabu (10/5/2023) malam di Radisson Golf and Convention Center Batam, Kota Batam.
"Ini adalah bentuk kontribusi kami untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan sampah. Sebab, pengelolaan sampah secara terpilah akan membuat jumlah timbunan sampah di tempat penampungan akhir sampah menjadi berkurang," imbuhnya. 

Andai Ke Pekanbaru Tiga Jam Saja...
minangsatu > Pembangunan

Asri Mukhtar menambahkan, bahwa sampah terpilah yang diterima dari masyarakat melalui Program Nabuang Sarok, nantinya akan dimanfaatkan oleh PT SemenPadang sebagai substitusi batubara yang merupakan bahan bakar utama dalam proses produksi semen.

Sejauh ini, sampah yang diterima dari nelayan pada umumnya merupakan sampah yang ditemukan terapung di laut dan sampah yang terbawa oleh jaring nelayan dalam bentuk sampah plastik, batok kelapa, kertas, sampah ranting kering dan lain sebagainya. Selain sebagai upaya membersihkan laut dan pantai, Nabuang Sarok juga bernilai ekonomis bagi nelayan. 

Program Nabuang Sarok menawarkan berbagai hadiah menarik bagi nelayan, mulai dari alat tangkap ikan hingga emas murni. 

"Hadiah yang disediakan di aplikasi Nabuang Sarok tersebut, secara tidak langsung juga dapat memotivasi para nelayan untuk mengumpulkan sampah di laut maupun di pantai. Pemanfaatan program Nabuang Sarok dari Semen Padang ini sudah kita lakukan di 14 lokasi," tutup Asri Mukhtar.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : boing

Tag :#SemenPadang #Dirut #KelolaSampah #minangsatu

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com