HOME OLAHRAGA KABUPATEN SOLOK

  • Sabtu, 6 Agustus 2022
Absolute Cup Resmi Bergulir, Batang Barus Kalahkan Batu Taba
Batang Barus FC berhasil melaju ke babak selanjutnya Absolute Cup 2022 setelah kalahkan Batu Taba 1-0

Aia Batumbuak (Minangsatu) - Turnamen sepakbola bertajuk pra-musim Liga 3 Sumatera Barat, Absolute Cup 2022 resmi dihelat. 

Acara yang mengambil venue di Lapangan sepakbola Afdeling A PTN VI Aia Batumbuak, Jum'at (05/08/2022), dibuka langsung oleh Bupati Solok H. Epyardi Asda. 

Hadir dalam acara pembukaan Anggota DPR RI Athari Gauti, Perwakilan Asprov PSSI Sumbar Yulius Dede, Presiden Absolute FC Budi Rahmatul Huda, dan Manajer PTN VI Rahmadi Siregar. 

Dalam sambutannya Bupati Solok mengatakan siap mensupport keinginan anak nagari di Kabupaten Solok untuk berpartisipasi di ajang Liga 3 musim 2022.

"Insya Allah, kami Pemkab Solok akan mencoba menfasilitasi dan mensupport keinginan 'anak panakan' kita untuk tampil di ajang Liga 3 Sumatera Barat, karenanya inisiasi dari Absolute dan pemuda Aia Batumbuak untuk menggelar turnamen pra-musim ini sangat saya apresiasi," ulasnya.

Ditambahkan Epyardi, ia akan mencoba mempelajari serta melihat peluang Kabupaten Solok untuk lebih berkontribusi pada iven Liga 3 tahun ini.

"Tahun lalu kita belum bisa berkonrtibusi maksimal di Liga 3. Absolute satu-satunya wakil kita. Kita tunggu juga dari tim-tim lain termasuk dari Persikas sendiri. Kalau memungkinkan kita pelajari kondisi GOR Batu Batupang untuk jadi tuan rumah penyisihan grup," imbuhnya.

Presiden Absolute FC Budi Rahmatul Huda mengatakan dasar dari pelaksanaan turnamen pra-musim ini adalah sebagai wadah persiapan kepada tim-tim yang akan bertanding di Liga 3 2022.

"Selama ini kita kesulitan mencari wadah atau iven sebagai tolak ukur dan persiapan tim jelang turnamen resmi semacam Liga 3. Dari pada kita menunggu, lebih baik kita yang ambil peran. Semoga acara kita bisa berjalan lancar sampai akhir," harapnya. 

Budi juga menegaskan, musim Liga 3 2021 adalah kesempatan perdana bagi Absolute mengecap keras dan ketatnya bermain di Liga 3. Ia berharap musim 2022, timnya bisa berbuat lebih dengan pencapaian yang lebih baik tentunya.

"Musim lalu kita dapat pelajaran berharga ya. Banyak evaluasi dalam banyak aspek juga tentunya. Kita juga tidak menutup diri untuk kritik dan saran. Tentunya semuanya untuk kemajuan sepakbola Kabupaten Solok," bebernya. 

Sementara itu, Perwakilan dari Asprov PSSI Sumbar Yulius Dede menanggapi positif ide Absolute FC untuk menggelar turnamen pra-musim di Lapangan Afdeling A PTN VI Aia Batumbuak.

"Atas nama ketua Asprov kami menyambut dengan baik ide dari Absolute menggelar turnamen pra musim. Kami malah melihat lebih jauh, iven ini bisa menjadi iven tahunan. Lokasi representatif, udara sejuk, dan suasana nyamana di sini, adalah modal berharga bagi pelaksana," katanya. 

Dede juga meminta kepada Pemkab dan pihak terkait untuk bisa bersama-sama membenahi venue pertandingan agar pelaksanaan turnamen semakin lebih baik.

"Saya takjub dengan lokasi di sini ya. Tinggal kebersamaan dari Pemkab, pemerintah nagari, dan masyarakat untuk merehap sedikit lapangan, sehingga konturnya semakin datar. Bahkan, kelompok umur mungkin juga kita gelar di sini. Semoga bisa diakomodir keinginan penggiat sepakbola Sumbar," tutupnya.

 

Batang Barus Kalahkan Batu Taba 

Laga perdana Aboslute Cup 2022 menyajikan laga antara dua tim beda Kabupaten. PS Batang Barus dari Kabupaten Solok berhasil mengalahkan PS Batu Taba dari Tanah Datar dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Batang Barus dicetak oleh Jimmy pada menit 29'. 

Berkat hasil ini, PS Batang Barus melaju ke babak selanjutnya dan akan berhadapan dengan Klub Liga 3 PSP Padang. 

Laga Turnamen Absolute Cup diikuti oleh 24 tim, yang terdiri dari 8 tim dari Kabupaten Solok, 8 tim undangan luar Kabupaten Solok,  dan 8 dari tim-tim yang berlaga di Liga 3. 

Adapun tim Liga 3 yang bakal tampil di Absolute Cup antara lain, tuan rumah Absolute FC, PSP Padang, PSKB Bukittinggi, PSBS Batusangkar, PS Machudum, GMR FC, Persada FC, dan Taruna Kerinci. Tim-tim Liga 3 akan mulai bertanding pada fase 16 besar, menunggu masing-masing pemenang dari 16 tim yang main di penyisihan. 

Pertandingan kedua akan saling bertemu PSDB Danau Bawah dari Kabupaten Solok menghadapi PS Kali Air dari Kabupaten Padang Pariaman. Laga ini akan berlangsung pada hari Sabtu (06/08/2022).

 


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#absolutefc #liga3 #minangsatu #liga3sumbar #lensabolaminangsatu