HOME PENDIDIKAN KOTA PADANG

  • Kamis, 8 April 2021
Wujudkan World Class University, Institut Teknologi Padang Laksanakan Partnership Day 2021
Penandatangan nota kesepahaman (MoU) ITP dengan 32 SMK dan SMA seluruh Sumbar

Padang (Minangsatu) - Dalam mewujudkan Insitut Teknologi Padang (ITP) menjadi World Class University, maka ITP melaksanakan agenda “ITP Partnership Day 2021” dan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan 32 SMK dan SMA seluruh Sumbar, di lantai 2 gedung Rektorat ITP secara luring dan daring melalui platform zoom meeting, Kamis (8/4).

MoU ini dihadiri oleh Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT. beserta jajaran, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd., Kabid SMK Dinas Pendidikan Sumbar Joko Purnomo, 32 orang kepala sekolah, serta 30 orang peserta zoom meeting.

MoU demi mewujudkan “Sinergi Peguruan Tinggi dengan Sekolah dan Dunia Usaha/Industri dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Vokasi Kuat” oleh Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT., dengan kepala sekolah masing-masing SMA/SMK.

Dalam Sambutannya Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT mengatakan bahwa berdasarkan peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No.3 tahun 2020, bahwa tercipta program MBKM dan Vokasi kuat. 

MKBM sendiri mempunyai sinergi dengan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) serta kerjasama dengan Sekolah, oleh karena itu ITP melaksanakan MoU dengan sekolah-sekolah seluruh Sumbar.

“Mengapa harus kerjasama dengan SMK dan SMA, karena dalam indek kinerja utama kementrian Pendidikan adalah mahasiswa dapat menjadi asisten tenaga pengajar di SMK dan SMA. Kalau tidak kita bangun kerjasama sekarang ini pasti tidak akan jalan program kementrian ini, kita sangat welcome kepada seluruh sekolah yang menjalin kolaborasi dengan ITP,” ujar Hendri.

“Pertanyaan kita adalah apakah mampu anak kita bersaing dalam dunia kerja?, oleh karena itu sampai saat ini yang menjadi tugas terbesar yaitu kita harus bisa mengkolaborasikan antara kognitif, afektifitas, dan psikomotor, karena sifat afektif pada siswa kita itu sangat diinginkan oleh Perusahaan-perusahaan, oleh karena itu mari kita ciptakan anak-anak kita agar siap bersaing dalam dunia kerja,” tutup hendri.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd. menyampaikan apresiasinya, bahwa pertama kali ITP melaksanakan kolaborasi dengan 3 lembaga pendidikan.

“Kalau selamanya kita berjalan sendiri-sendiri, maka tidak bisa ditemukan titik temunya, di akhir pendidikanlah disalahkan atas permasalahan ini, oleh karena itu kolaborasi dan kerjasama ini saya berharap agar mutu pendidikan dapat di tingkatkan dan lulusan kita baik SMA, SMK, dan ITP tidak ada yang jadi menganggur,” ujarnya.

Bentuk kerjasama dan kolaborasi setelah penandatangan nota kesepahaman (MoU) meliputi; magang mahasiswa ke sekolah-sekolah, Praktek Lapangan (PL), asistensi, kewirausahaan, riset kolaborasi, hasil penelitian, inovasi teknologi, jasa asistensi, menjembatani kebutuhan Industri dari sekolah.


Wartawan : Billy
Editor : boing

Tag :#itp