HOME OPINI OPINI

  • Rabu, 11 Maret 2020
Teknologi Merampas Kehidupan
Fauzan Aziman Caniago

Teknologi Merampas Kehidupan

Oleh Fauzan Aziman Caniago

 

Kita tahu saat ini sebagian dari dunia sudah diambil alih oleh teknologi. Kecanggihan teknologi saat ini sudah menjadikan manusia hilang kendali kepada aktivitas sosialnya.

Contohnya saja saya pernah menemukan beberapa orang yang sedang berkumpul di suatu cafe, akan tetapi mereka tidak terlihat sedang berkumpul  bahkan perbincangan antara sesama mereka pun tidak terlihat, ketika saya teliti rupanya mereka sibuk dengan hp mereka masing-masing, sampai lupa dengan orang-orang di sekitar mereka, tanpa mereka sadari kesalahan tersebut  menjadikan sekat-sekat antara mereka dengan manusia lain, dan itu berdampak buruk kepada lingkungan sosial mereka.

Teknologi canggih yang terkenal saat ini yaitu smartphone atau biasa disebut dengan sebutan hp. Hp pada zaman sekarang sudah mulai mengolah otak dan pikiran manusia agar selalu memainkan hp sepanjang waktu. Tanpa mereka sadari kecanduan memainkan hp yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka.

Tidak hanya dengan orang dewasa, sekarang anak-anak yang mungkin bisa dikatakan belum layak menggunakan hp, sekarang sudah mengerti dan paham dengan hp yang sekarang sudah meraja lela di muka bumi ini. Penggunan hp saat  ini sudah termasuk kedalam alat elektronik yang berperan penting dalam kegiatan manusia. Apakah mereka telah lupa bahwa alat-alat tersebut telah merampas kehidupan mereka.

Sangat disayangkan sekali karena dengan munculnya hp ini, interaksi sosial sudah mulai berkurang dan kepekaan akan lingkungan sekarang sudah tidak terlihat lagi karena pikiran sudah di ubah oleh kemunculan hp yang kini kian menjadi faktor penting untuk kehidupan manusia. Zaman dulu jika seseorang berkumpul dengan kawannya atau dengan keluarganya semua fokus kepada lingkungan sekitarnya, keseruan dan kehangatan terjalin di kebersamaan itu. Akan tetapi sekarang telah berubah drastis akibat kemunculan benda kecil tersebut, namun perananya sangatlah besar dan dampaknya juga sangatlah besar.

Pada saat ini perkumpulan dengan sanak saudara, dengan keluarga, dan dengan teman-teman kini hanya sebagai simbol semata saja agar terdengar lebih indah, padahal fakta yang sebenarnya yaitu mereka hanya sibuk dengan hp mereka masing-masing, asik dengan hp sendiri sampai-sampai lupa dengan tujuan awal mereka yaitu berkumpul untuk menjalin kekeluargaan yang baik.

Semuanya telah lari dari yang seharusnya terjadi akibat teknologi yang kini kian canggih yang telah mengambil peranan manusia di muka bumi ini, dan bisa jadi kemunculan teknologi canggih ini dapat menggantikan seluruh pekerjaan manusia yang mana berarti dunia telah di kuasai oleh teknologi bukan oleh manusia lagi. Sangat di sayangkan sekali keberadaan dunia pada saat ini yang mana lingkungan semua telah di kuasai teknologi seakan alat-alat elektronik tersebut telah membius semua manusia yang menggunakannya. Lucunya sekarang yang mana manusia lebih mementingkan hp ketimbang lingkungan sosialnya, mereka tidak tau bahwa dampak buruk dari alat elektronik ini sangat besar, yang mana penggunanya dapat gila bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa mati karena layar yang ada pada  hp tersebut bisa memberi dampak negativ kepada syaraf mata yang mengalir ke otak pusat pikiran manusia. Maka dari itu sebaiknnya pola hidup manusia harus di ubah sebelum hal buruk itu terjadi.

Apalagi dengan munculnya game-game yang ada di hp tersebut membuat penggunaanya sampai lupa akan waktu, bahkan lupa dengan keadaan lingkungannya yang membuat mereka tidak ingin di ganggu bahkan enggan untuk berkomunikasi. Sampai-sampai ada juga game yang membuat pemain tersebut sampai-sampai melontarkan kata-kata kasar atau kata-kata kotor yang berdampak buruk kepada psikologi dan lingkungannya. Semua iu terjadi karena manusia tidak pandai dalam mengontrol waktu dan pola kehidupan mereka yang menjadikan mereka terjerumus kedalam kehidupan yang mereka telah di atur oleh hp.

Contohnya saja saya ada menemukan satu keluarga yang mana isi dalam rumah tersebut sibuk dengan hp mereka masing-masing, sampai mereka tidak lagi berbincang satu sama lain antara ayah dengan ibu, antara adik dengan abang dan begitu seterusnya. Dari contoh tersebut sangat di sayangkan sekali betapa buruknya kekeluargaan tersebut hingga hal itu dapat terjadi, padahal komunikasi dan tegur sapa di dalam keluarga sangatlah penting untuk keharmonisan suatu keluarga agar menjadi lebih baik.

Padahal manusia lah yang dapat melakukan segalanya, karena apa yang di lakukan manusia belum tentu dapat di lakukan alat elektronik tersebut, karena manusia lah makhluk yang sempurna di muka bumi ini, maka dari itu manusia tidak seharusnnya di bodohi oleh alat-alat elektronik yang kini kian maju. Menurut peneliti manusia akan merasa kebingungan atau merasa tidak nyaman jika tidak membawa hp, dan saya telah membuktikannya kepada teman saya sendiri yang mana dia seperti kebingungan dan tidak tau apa yang dia perbuat ketika keluar rumah tidak membawa hp.

Faktor negatif lainnya dari penggunaan hp secara berlebihan juga dapat mengakibatkan menurunnya daya ingat, hal ini di karenakan para pengguna hp terlalu menggantungkan kebutuhannya kepada hp, sehingga tidak adanya usaha unutk melakukan segala sesuatunya sendiri.Termasuk dalam mengingat sesuatu hal karena adanya rasa ketergantunga kepada hp tersebut. Jadi rasa tanggung jawab manusia seakan telah berpindah kepada hp yang mana manusia telah memeberikan keseluruhan tugas-tugas itu kepada hp, hal itu yang mengakibatkan daya ingat manusia menjadi lemah karena telah timbulnya rasa ketergantungan tersebut.

Poin penting yang perlu kita pahami adalah bahwa fenomena penggunaan hp  bukan sekedar perubahan teknologi, tapi merupakan perubahan budaya yang terkadang kita lupakan atau luput dari perhatian kita. Dulu hp adalah alat manusia berbicara dengan manusia lain. Kita punya teknologi di mana hp yang sekarang dapat berbicara kepada kita, Misalnya aplikasi google. Lalu ada fase ketika manusia berbicara dengan teknologi, Misalnya membuat kunci hp dengan suara atau bahkan juga mencari tugas atau mencari alamat dengan mengunakan suara.

Sudah terbukti bahwa hp sudah merampas hampir semua kehidupan manusia dalam hal pekerjaan, pikiran dan kebutuhan lainnya. Semuanya telah di rampas oleh sesuatu yang di buat oleh manusia, sangat di sayangkan sekali pembuatan hasil karya manusia dapat menjerumuskan manusia kepada hal yang tidak baik. Dan faktor lain dari buruknya penggunaan hp berlebihan ialah hilangnya atau menurunnya minat baca manusia ke perpustakaan, ke surau-surau atau ke tempat baca lainnya. Itu terjadi akibat kemunculan hp yang dapat memudahkan manusia dalam segala hal. Bahkan kebanyakan manusia sekarang dimanapun, kapanpun dan sedang apa, pasti barang yang pertama kali di cari ialah hp.

Contohnya bangun tidur, bangun tidur manusia sekarang  rata-rata langsung mencari hpnya  karena mereka merasa dengan hp meraka menjadi nyaman dan merasa tenang. Padahal kegiatan positif lainnya masih bisa dilakukan seperti membasuh wajah atau melakukan kegiatan penting lainnya, akan tetapi pada saat ini mereka lebih mengutamakan hal negativ seperti menjunjung tinggi Bersama hp. Mirisnya duniaku saat ini yang mana kehidupan manusia telah di kelabuhi oleh hp yang kini rasa ketergantungan itu telah lahir.

Berbicara dampak baik dari hp pasti ada, akan tetapi itu bagi orang-orang yang dapat mengontrol pola kehidupannya bisa di katakana mereka yang dapat menahan nafsu dalam penggunaan hp tersebut. Seharusnya alangkah lebih baiknya jika hp tersebut di gunakan jikalau ada perlunya saja dan tinggalkan jika tidak di perlukan.Tetapi kenyataan yang ada sekarang ini manusia lebih lama Bersama hp ketimbang kepada keluarga, sanak saudara, dan teman-teman. Karena bagi mereka hp lebih menyenangkan ketimbang lainnya, padahal kehangatan yang sesungguhnya itu terjadi ketika kita berada di lingkungan orang-orang yang memahami stuasi kita. Jika di teliti hp tidak dapat memahami apa yang kita inginkan akan tetapi mereka hanyalah benda mati yang hanya bergerak jika kita menggerakannya.

Karena itu peranan kita sebagai manusia seharusnya tidak terlalu larut akan kejadian zaman sekarang, karena semakin majunya zaman bisa saja tanpa kita sadari posisi kita dapat terancam karena ulah teknologi yang semakin lama kian canggih. Kejadian ini mungkin sudah berlangsung lama yang mana manusia sudah bergantung kepada hp bahkan sudah merasa hp itu sebagian dari kebutuhan hidupnya, akan tetapi semua itu dapat di rubah dengan perlahan-lahan agar kita tidak terjerumus kedalamnya. Karena jika kita hanya mengikuti pola zaman yang kian maju dan teknologi kian canggih,   posisi manusia pasti bisa lenyap dari muka bumi ini karena faktor kehidupan yang mengakibatkan manusia kian jauh dari kata aman jika hanya bergantung kepada teknologi. Berusaha lah semampu mungkin agar tidak terjerumus kedalam lubang yang gelap karena jika semua telah masuk ke dalam lubang tersebut, maka tidak ada lagi seorangpun yang dapat menyelamatkan manusia kembali. Maka dari itu mari lah kita sama-sama meningkatkan kembali rasa bersosial terhadap lingkungan dengan sebaik-baiknya dengan menjaga hubungan komunikasi dengan manusia lain.


Tag :#teknologimerampaskehidupan