HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG

  • Jumat, 21 Juni 2024

RRI Masih Belum Tergantikan Sebagai Media Mitigasi Bencana

Kepala Stasiun RRI Padang Unggul Supriyadi (baju batik) menerima penghargaan dari PMI Sumbar, Jumat (21/6/2024). Foto ist.
Kepala Stasiun RRI Padang Unggul Supriyadi (baju batik) menerima penghargaan dari PMI Sumbar, Jumat (21/6/2024). Foto ist.

RRI Masih Belum Tergantikan sebagai Media Mitigasi Bencana

 

Padang (Minangsatu) - Radio masih tetap menjadi media paling cepat dalam penyampaian berita ke masyarakat, karena itu untuk mitigasi bencana sesungguhnya radio siaran, apalagi RRI menjadi sangat strategis perannya.

“Dalam bahasa yang lain, radio selain dapat menjadi early warner (peringatan dini-red) juga dapat menjadi media edukasi agar bencana bisa dihindari semaksimal mungkin. Paling tidak, korban bisa diminaisasi,” kata Wakil Ketua PMI Sumbar Bidang Hubungan Antarlembaga, H Zaitul Ikhlas.

Pendapat itu diamini oleh Kepala Stasiun LPP RRi Padang, Unggul Supriyadi ketika menerima kedatangan pengurus PMI Sumbar di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2024).

Menurut Unggul Supriyadi, RRI selama ini juga menyiarkan program pencegahan bencana secara dini melalui program "Kentongan" yang disiarkan secara nasional. Maka antara kedua belah pihak (PMI Sumbar dan RRI Padang) disepakati untuk melakukan kegiatan mitigasi bencana secara lebih intens lagi.

“Selama ini peran RRI ketika bencana datang adalah mengabarkan perkembangan ter-update dari lokasi bencana kepada masyarakat dimana di lokasi ada para pegiat kebencanaan seperti PMI, Basarnas, BPBD dan sebagainya. Nah sekarang bagaimana ke depan akan meningkat menjadi kegiatan edukasi masyarakat tentang bagaimana menghindari bencana lebih dini,” kata Zaitul Ikhlas.

Sementara Wakil Ketua PMi Sumbar Bidang Humas, Eko Yanche Edrie menyebutkan selama ini jalinan kerjasama antara PMI dan RRI sudah sangat baik. “Berkat RRI juga sejumlah donasi dari masyarakt berhasil dihimpun melalui PMI Sumbar dan sudah disalurkan langsung kepada para korban bencana Marapi,” kata Eko.

Wakil Ketua PMI Bidang Penanggulangan Bencana, Hidayatul Irwan menyebut setiadaknya hampir Rp300 juta yang sudah disalurkan para donatur melalui PMi Sumbar. “Di Agam, jika dikonversi menjadi Rupiah bantuan dalam bentuk natura lewat PMI ke masyarakat terdampak sudah mencapai Rp800 juta,” kata Hidayatul Irwan.

Atas nama Ketua PMI Sumbar, pada kesempatan itu diserahkan piagam penghargaan dari PMI Sumbar kepada RRI Padang dan kepada Unggul Supriyadi selaku Kepala Stasiun RRI. “Kita menyampaikan terimakasih atas dukungan RRI dalam setiap operasi kebencanaan yang dilakukan PMI selama ini,” kata H Zaitul Iklhas.

 

Dibantu PMI, Bank Nagari Gelar Donor Darah
minangsatu > Sosial Budaya

 

Dibantu PMI, Bank Nagari Gelar Donor Darah
minangsatu > Sosial Budaya

 


Wartawan : Rilis/Pmi/Sbr
Editor : ranof

Tag :#Mitigasi bencana #RRI Padang #PMI Sumbar #Penghargaan Unggul #Padang

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com