HOME BIROKRASI KOTA BUKITINGGI

  • Senin, 3 Mei 2021
Musrenbang RPJMD : penajaman sasaran, strategi, arah kebijakan program pembangunan
Walikota Bukittinggi Erman Safar saat membuka Musrenbang RPJMD

Bukittinggi (Minangsatu) - Walikota Bukittinggi Erman Safar membuka Musrembang RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2021-2026 bertempat di Auditorium Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Gulai Bancah, Senin (03/05).

Dalam sambutannya Walikota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Dijelaskan, sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, tugas utama Walikota dan Wakil Walikota setelah terpilih adalah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode lima tahun.

"RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program Perangkat Daerah dan lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMN," ujar Erman Safar.

Lebih lanjut Erman Safar mengatakan, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, yang mengatur tentang tahapan dan tatacara penyusunan perencanaan pembangunan daerah mengamanahkan beberapa tahapan dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah, yang salah satunya adalah pelaksanaan Musrenbang 

Dimana sebelum pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2021-2026 ini, kita telah melalui beberapa tahapan diantaranya penyusunan Rancangan Awal dan telah melaksanakan Forum Konsultasi Publik bersama seluruh Stakeholders Kota, pembahasan dan kesepakatan dengan DPRD Kota Bukittinggi, serta Konsultasi dengan Gubernur melalui Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

"Kemudian dalam penterjemahan dan penyelarasan dengan dokumen perencanaan SKPD kita juga telah melakukan pembahasan terhadap Rencana Strategis Perangkat Daerah Kota Bukittinggi," jelas Erman Safar

Walikota Erman Safar berharap, seiring dengan semakin meningkatnya kasus terinfeksi Covid-19, marilah bersama-sama kita untuk menjaga dan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Seiring dengan itu kita berdoa kepada Allah SWT, semoga cobaan ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat dapat berjalan seperti sedia kala.

Musrembang RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2021-2026 dihadiri Forkopmda, OPD dan para lurah serta stakeholder terkait.*


Wartawan : Anasrul
Editor : Benk123

Tag :#bukittinggi