HOME AGAMA NASIONAL

  • Kamis, 12 November 2020
MTQ Nasional XXVIII di Sumatera Barat Diikuti oleh 32 Provinsi
Masjid Raya Sumbar sebagai salah satu lokasi pelaksanaan MTQN XXVIII

Padang (Minangsatu)–Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII yang diselenggarakan di Sumatera Barat mulai 12 sampai dengan 21 November 2020 diikuti oleh 32 provinsi. Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat (Kakanwil Kemenag Sumbar) Hendri, Kamis (12/11/2020).

Artinya, ada dua provinsi yang tidak ikut serta dalam MTQ Nasional kali ini. Kedua provinsi tersebut yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Faktor dan alasan ketidakterlibatannya pun belum dapat dipastikan. “Faktor dan alasannya belum dapat dipastikan, tetapi mungkin karena anggaran, pandemi Covid-19, atau mungkin juga faktor lain,” ucapnya.

Berbeda dari pelaksanaan MTQ tahun sebelumnya, MTQ Nasional XXVIII dilaksanakan dengan dua cara. Pertama, secara langsung dengan para peserta langsung berlomba di lokasi yang sudah ditentukan. Kedua, secara tidak langsung melalui zoom cloud meeting dan siaran langsung YouTube.

Pelaksanaan MTQ secara langsung pun berlokasi di 13 tempat yang ditetapkan beserta masing-masing cabang lomba sebagai berikut. Masjid Raya Sumatera Barat untuk tilawah dewasa dan qiraat sab’ah mujawwad dewasa; Gedung Wanita Rohana Kudus untuk tartil Al-qur’an dan tilawah cacat netra; Gedung PKM Unand untuk karya tulis ilmiah Al-qur’an; GOR 2 UNP untuk khat hiasan dan khat kontemporer; dan Masjid Al Hakim untuk tartil Al-qur’an dan tilawah cacat netra.

Kemudian, Aula Mansur Dt. Basa UIN Imam Bonjol untul hifzil 5 juz dan tilawah dan hifzil 20 juz; GOR 1 UNP untuk khat naskah dan khat dekorasi; Masjid Darul Hujjah Asrama Haji untuk hifzil 5 juz dan tilawah dan hifzil 20 juz; dan Hospitality UNP untuk fahmil Qur’an.

Selanjutnya, Masjid Agung Nurul Iman untuk qira’at murattal remaja dan qira’at murattal dewasa; Gedung Serba Guna Imam Bonjol untuk syahril Qur’an; Auditorium Universitas Baiturrahma untuk hifzil 1 juz dan tilawah dan hifzil 10 juz; dan Auditorium UNP untuk fahmil Qur’an.

Mengusung tema besar “Dengan MTQ Nasional Kita Wujudukan SDM yang Unggul, Profesional, dan Qur’ani Menuju Indonesia Maju”, ada delapan subtema yang turut disiapkan. Mulai dari MTQ Nasional sebagai inspirasi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia maju dan religius, MTQ Nasional sebagai sarana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa; MTQ Nasional sebagai sarana pemberdaya dan peningkatan sumber daya manusia yang unggul; dan MTQ Nasional memperkokoh kehidupan umat beragama yang mengedepankan kejujuran dan toleran.

Termasuk juga MTQ Nasional sebagai inspirasi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia maju dan religius; MTQ Nasional sebagai momentum dalam mengisi pembangunan bangsa yang beragama dan menciptakan generasi Qur’an, MTQ Nasional membentuk karakter bangsa yang beragam untuk menuju Indonesia maju yang berperadaban; sampai dengan MTQ Nasional mempererat kebhinekaan, kebangsaan, dan pemersatu umat.

 

Jadwal MTQ Nasional XXVIII

12 November 2020

  • Kedatangan panitera
  • Penyambutan kafilah
  • Daftar ulang peserta

13 November 2020

  • Kedatangan seluruh Dewan Hakim MTQN XXVIII/2020
  • Malam ta’aruf

14 November 2020

  • Pelantikan dewan hakim
  • Orientasi dewan hakim
  • Persiapan penyambutan presiden RI
  • Upacara pembukaan

15–18 November 2020

  • Pelaksanaan musabaqah (babak penyisihan)

19 November 2020

  • Babak final

20 November 2020

  • Rapat pleno dewan hakim
  • Wisata kafilah dan dewan hakim, panitera, dan tim pengawas
  • Upacara penutupan

21 November 2020

  • Pelepasan para kafilah kembali ke provinsi masing-masing

Dengan menjadi tuan rumah dalam helatan tingkat nasional ini, Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri menargetkan empat sukes sebagai capaian. “Sukses layanan tamu, sukses pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukes pertanggungjawaban,” pungkasnya.


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-zahra
Editor : susi

Tag :#MTQNasional #MTQNXXVIII #SumateraBarat #32Provinsi #JadwalMTQ #Padang