HOME AGAMA NASIONAL

  • Minggu, 15 November 2020
MTQ Nasional ke 28 Bergulir di Sumbar, Presiden Jokowi, Berpesan Bangun Semangat Ukhuwah ; Islamiyah, Wathaniyah, Insaniyah
Pembukaan MTQ Nasional ke 28 tahun 2020, berlangsung di Stadion Utama Sumbar, di nagari Sikabu, Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020).

Padang Pariaman (Minangsatu) - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, sangat senang MTQ Nasional XXVIII tahun 2020, di tengah pandemi Covid-19, masih bisa diikuti kafilah 32 provinsi di Indonesia, dengan total tamu yang datang 2 ribu 86 orang.

"Ini tuan rumah MTQ Nasional ke-dua bagi Sumbar, setelah tahun 1983, kita tuan rumah MTQ Nasional XIII," ucap Irwan, sebagaimana rilis Humas Setdaprov Sumbar yang diterima minangsatu.com, Minggu (15/11/2020). Pemprov Sumbar telah menyediakan 12 venue tempat perlombaan untuk 8 cabang musabaqah bagi 1.476 peserta, dengan Sekretariat dan Media Center, di masjid Raya Sumbar.

Pembukaan MTQ Nasional ke-XXVIII diresmikan Presiden RI, Joko Widodo, secara virtual, Sabtu (14/11/2020) malam. Sementara di lokasi acara pembukaan Stadion Utama, Kabupaten Padang Pariaman, hadir Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Pembukaan MTQ Nasional XXVIII dimeriahkan dengan atraksi kesenian dan tarian massal bernuansa Islami dengan pendekatan adat Minang berfilosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Dalam sambutannya Gubernur menyatakan bangga menyaksikan atraksi pembukaan yang digarap oleh Elly Kasim dengan timnya yang bekerja keras untuk mensukseskan pembukaa MTQ ini. Selain itu, Irwan Prayitno juga mengucapkan terima kasih kepada almarhum Nazif Basir. "Semoga menjadi amal yang shaleh bagi almarhum," harapnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo, ketika membuka secara virtual menyampaikan, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an, serta menegakkan syiar Islam. Untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

"Dalam menjalankan Al Quran, kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW. Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Qur’an. Menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama. Kita semua sebagai umatnya harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi tersebut," kata Jokowi.

Presiden menyampaikan selamat berkompetisi secara sehat kepada qari-qariah, hafiz-hafizah, dan mufasir-mufasirah terbaik dari seluruh Indonesia. "Berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah," pesan Presiden.

Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an, tapi jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Al Qur’an. "Saya yakin dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslimin dan muslimat, tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, maupun ukhuwah insaniyah," sebut Joko Widodo.

MTQ Nasional XXVIII, bertema "Kita Wujudkan SDM yang Unggul, Profesional dan Qurani untuk Mewujudkan Indonesia Maju yang Religius."

Terkait dengan protokol Covid-19 yang diberlakukan secara ketat sejak dari pembukaan dan selama pelaksanaan MTQ di Sumbar, Gubernur Irwan Prayitno, memyampaikan permintaan maaf karena membuat peserta merasa tidak nyaman. Tampak pada kursi tribun stadion diberi tanda silang untuk memberi jarak bagi para khafilah dan undangan yang hadir. "Kita inginkan yang terbaik, semua peserta berlomba dalam keadaan sehat, sebagai jawaban amanah yang diberikan oleh Menteri Agama kepada kami menjadi tuan rumah, " ucap Irwan.

Kepada dewan hakim, gubernur Sumbar minta tetap adil, profesional, objektif dalam penilaian, karena dewan hakim yang menentukan. Peserta terbaik itulah yang menjadi pemenang. MTQ Nasional XXVIII, dijadwalkan sampai 20 November 2020. Acara penutupan direncanakan berlangsung di Masjid Raya Sumbar, Padang.


Wartawan : Rilis/Hms-Sb
Editor : ranof

Tag :#Presiden jokowi#Mtq nasional xxviii#Atraksi kesenian minang#Adat basandi syarak#Protokol kesehatan#Gubernur sumbar#