HOME VIRAL UNIK

  • Selasa, 22 September 2020
Mengenang Maestro Indonesia, Google Doodle Tampilkan Benyamin Sueb
Mengenang Maestro Indonesia, Google Doodle Tampilkan Benyamin Sueb

JAKARTA - (Minangsatu) - Doodle sang maestro Indonesia Benyamin Sueb menghiasi laman pencarian utama google, Selasa (22/9). Ini bertepatan dengan dua tahun resmi berdirinya Taman Benyamin Sueb, suatu pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi warisan Budaya Betawi.

Benyamin Sueb merupakan aktor ikonik Indonesia, komedian, penyanyi, penulis narasi, penulis lagu, sutradara, dan produser Benyamin “Bang Ben” Sueb. Tidak tanggung-tanggung, ia sudah memperjuangkan budaya Betawi di Indonesia dengan membintangi lebih dari 50 judul film dan komposer lebih dari 300 lagu asli.

Lahir pada 05 Maret 1939 di Jakarta sekarang, ia memulai karier di dunia hiburan pada tahun 1950-an. Awalnya, ia bergabung sebagai anggota Melody Boys, band yang berpengaruh di kancah internasional. Kemudian Sueb mengandalkan musik Betawi yang lebih tradisional untuk menulis berbagai lagu. Termasuk di dalamnya Nonton Bioskop (Menonton Film) dan Hujan Gerimis (Gerimis), di samping membantu gaya gambang kromong melalui lagu-lagu seperti Ondel-ondel (Boneka Raksasa).

Sementara, karier aktingnya diasah sejak awal tahun 1970-an melalui film-film komedi yang sarat dengan penggambaran budaya Betawi. Ia pernah berhasil meraih penghargaan Best Actor Citra Awards di Indonesia dalam Festival Film lewat peran baiknya di Intan Berduri (Thorny Diamond, 1972) dan Si Doel Anak Modern (Doel the Modern Child, 1976).

Berikut tahun 1990, Benyamin Sueb mendirikan satu-satunya radio di Indonesia yang terus didedikasikan untuk Betawi dan terus memainkan musik Sueb hingga hari ini bernama Radio Ben. Meski sudah tutup usia pada 05 September 1995, karya Sang Maestro tetap melegenda sampai hari ini.

 


Wartawan : Sabrina Fadilah Az-zahra
Editor : Fadli

Tag :benyamin sueb, google doodle, maestro indonesia, viral, unik