HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Selasa, 8 Desember 2020
Ingin Cetak Pemain Berambisi Main di Luar Negeri, Jacksen F. Tiago Berencana Dirikan Akademi
Jacksen F. Tiago

Surabaya (Minangsatu)Lama berkarier sebagai pemain dan pelatih di Indonesia, membuat seorang Jacksen F. Tiago sangat mencintai Indonesia. Tak tanggung-tanggung sebagai bukti kecintaannya terhadap sepakbola Indonesia, Pelatih Persipura ini berencana mendirikan sebuah akademi sepakbola dengan karakter sepakbola Indonesia yang bisa mencetak pemain siap bersaing di kompetisi luar negeri.

Secara eksklusif kepada Minangsatu, Coach Jacksen mengutarakan niat baiknya tersebut, Selasa (8/12/2020). "Mengekspor pemain keluar negeri adalah hal yang sangat mungkin untuk dilaksanakan di Indonesia. Sepakbola Indonésia punya animo yang sangat luar biasa. Apalagi animo dari anak-anak. Saya sendiri punya anak usia 15 tahun di rumah. Sehingga saya bisa merasakan begitu besar ambisinya untuk bermain sepakbola," ujarnya.

Guna merealisasikan rencana besar tersebut,  Jacksen telah mengawalinya dengan menggelar berbagai kegiatan sejak Juni hingga Desember 2020. "Sejak bulan Juni kemarin sampai Desember ini kegiatan saya dipadatkan dengan kursus kepelatihan dan menggelar Football Camp. Saat ini, saya sedang menjalankan sebuah program Football Camp dengan anak-anak usia 10 hingga 15 tahun," jelasnya.

Ditegaskan mantan pelatih timnas Indonesia 2013 ini, fokus dari pendirian akademi nantinya tidak hanya berorientasi kepada mencetak pemain namun juga berusaha menciptakan manusia (atlet) yang lebih baik dalam segala aspek. "Saya meyakini sebuah prinsip bahwa “pemain pintar main bola, lebih cerdas saat di sekolah”. Karena dalam dunia olahraga, lebih banyak anak gagal, daripada sukses dalam mengejar mimpinya. Sehingga kami fokus terhadap yang akan menjadi atlet maupun yang akan gagal. Karena yang gagal akan lebih berdampak kepada perkembangan bangsa dan negara," katanya.

Menurut Jacksen prinsip-prinsip tersebut sudah mulai diasah dengan pelaksanaan Football Camp. "Di Football Camp, itu yang sedang kami berusaha lakukan. Kami menggelar beberapa kegiatan yang berhubungan dengan character building seperti belajar menanam pohon, menerapkan disiplin yang berdampak kepada keseharian anak-anak, belajar tentang recycling bin dan juga penguasaan bahasa Inggris," tuturnya.

Diakui Jacksen, pengalamannya sebagai pemain di Brasil maupun Indonésia serta pengalaman melatih di berbagai klub di Asia mendorongnya untuk semakin gencar mewujudkan mimpi mendirikan akademi. "Saya lama bermain di Indonesia. Saya sudah sangat memahami dan mencintai karakter sepakbola Indonesia. Lebih lagi pengalaman saya sebagai pelatih di benua Asia dan beberapa kali  di event Danone. Semoga rencana baik ini bisa terwujud dan mendapat sokongan banyak pihak," ulasnya.

Bagi Jacksen, program yang diusung PSSI sejauh ini sudah semakin baik terutama dalam mencetak pemain-pemain muda. "Sepertinya PSSI telah menemukan solusi untuk permasalah konsistensi pemain usia muda. Saya sangat mendukung program-program seperti kompetisi EPA U16 dan U18. Apalagi dengan menambah program seperti Garuda Selection, tentunya akan ada harapan sepakbola Indonesia semakin lebih baik kedepannya," pungkasnya.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : sindy

Tag :#Pemain #LuarNegeri #JacksenF.Tiago #Akademi