HOME SOSIAL BUDAYA KABUPATEN AGAM

  • Jumat, 26 Maret 2021
Disdikbud Agam bakal menggelar lomba pasambahan pelajar tingkat SMP
Photo : suasana lomba pasambahan

Agam, (Minangsatu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Agam bakal menggelar lomba pasambahan bagi pelajar tingkat SMP. Hal tersebut merupakan wujud dukungan OPD terkait terhadap wacana Bupati Agam, Andri Warman dalam mengembangkan sektor pendidikan di bidang adat istiadat.

"Lomba pasabahan ini sejalan dengan komitmen Bupati Agam dalam mengembangkan adat istiadat di sekolah, bahkan juga sudah jadi program di Disdikbud Agam. Kegiatan bakal digelar di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Senin (29/3) akan datang," ungkap Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Agam, Imwarizal di Lubuk Basung, Jum’at (26/3).

Dijelaskan, lomba pasambahan tersebut digelar agar para pelajar sebagai generasi muda memahami adat budaya Minangkabau. Karena sejauh ini khususnya untuk pasambahan banyak generasi yang tidak bisa, sehingga hal tersebut perlu dilestarikan kembali.

"Lomba pasambahan diikuti 16 grup dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Agam. Satu grup anggotanya enam orang tambah dua orang pendamping. Selama ini siswa belajar pasambahan ada di sekolah dan juga di tengah masyarakat. Lomba ini khusus pasambahan siriah," ujarnya.

Sebagai bentuk motivasi, panitia menyediakan hadiah bagi para pemenang dengan total Rp6 juta. Juara I Rp2,5 juta, juara II Rp 2 juta dan juara III Rp1,5 juta, ditambah sertifikat.

"Tidak hanya bagi pemenang, sertifikat juga diberikan kepada seluruh peserta lomba pasambahan itu," sebutnya.

Dikatakan Imwarizal, bahwa pemerintah daerah yang dalam hal ini adalah Disdikbud, mengupayakan bagaimana adat istiadat dan dua sektor pendidikan lainnya bisa jadi muatan lokal di sekolah.

"Kemaren Disdikbud telah memulai perumusan silabus untuk tiga sektor pendidikan itu, yakni adat istiadat, agama dan bahasa Inggris dengan melibatkan pakarnya dibidang masing-masing," terangnya.

Diutarakan, tahun ajaran baru 2021/2022, setidaknya tiga sektor pendidikan tersebut jadi ekstrakurikuler lokal di samping ekstrakurikuler wajib nasional yaitu pramuka.*


Wartawan : M. Fadillah
Editor : Benk123

Tag :#agam