HOME PENDIDIKAN KABUPATEN AGAM

  • Kamis, 22 Oktober 2020
Borong Dua Gelar, SMKN 1 Baso Lolos ke Fase Nasional VVC 2020
Bayu Ardika dan Riko Hamdani, Siswa TBSM SMK Negeri 1 Baso Lolos Ke Fase Nasional VVC 2020

Baso (Minangsatu) - SMK Negeri 1 Baso melalui Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) berhasil memborong dua gelar dari tiga bidang lomba yang dipertandingkan pada fase regional Vocational Video Challenge (VVC) 2020. Kepastian itu diketahui usai video conference pengumuman pemenang oleh main dealer PT. Hayati Pratama Mandiri, Rabu (21/10).

Adapun siswa SMKN 1 Baso yang berhasil lolos ke fase nasional tersebut adalah Riko Hamdani (Setting TP, ECM, dan Altitude) dan Bayu Ardika (Penggantian Brake Shoe Sepeda Motor).

"Alhamdulillah, setelah berjuang ekstra keras kami berhasil lolos ke fase nasional. Terimakasih kepada Pimpinan SMK Negeri 1 Baso dan seluruh majelis guru, semoga kita bisa juara di tingkat nasional," ujar Bayu Ardika yang pada VVC 2020 berhasil menyajikan materi Penggantian Brake Shoe dengan baik.

Kepala SMK Negeri 1 Baso Yevri Fuadi menuturkan kebanggaannya atas prestasi dua siswanya yang telah mengharumkan nama sekolah.

"Selamat kepada Bayu dan Riko, serta tim di TBSM berhasil membawa nama sekolah kita ke ajang nasional. Ini adalah sejarah bagi sekolah kita karena berhasil sekaligus mengirimkan dua siswa kita ke tingkat nasional. Semoga ini semakin memupuk motivasi peserta didik dan guru-guru untuk terus berkarya," ujar Yevri Fuadi.

Ditambahkan Yevri, segenap keluarga besar SMK Negeri 1 Baso akan terus memberikan dukungan untuk Riko dan Bayu agar bisa meraih pemuncak pada fase nasional nanti.

"Karena ini lomba bersifat virtual, jadi kami akan mengerahkan segenap tenaga yang ada untuk menyokong karya Bayu dan Riko. Mohon doa dan dukungan dari keluarga besar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat beserta Kacabdin Wilayah I. Video yang dipublish di YouTube Channel nantinya juga kita minta seluruh siswa, majelis guru, serta masyarakat luas untuk menonton, memberi "like", dan komentar sebagai salah satu upaya untuk meraih juara favorit," tegasnya.

Kepala Program dan Keahlian Jurusan TBSM SMK Negeri 1 Baso, Feri Rahmandani mengatakan keberhasilan Bayu dan Riko mencapai fase nasional adalah buah dari kerjasama tim yang solid.

"Tim TBSM sudah menyiapkan materi yang harus dikuasai siswa jauh-jauh hari sebelum lomba dimulai. Kamipun melakukan beberapa pengulangan pengambilan gambar untuk benar-benar mendapatkan hasil yang sempurna.Semoga ini awal langkah TBSM meraih prestasi di tingkat nasional," harap Feri.

Sementara itu SHEP Officer PT. Hayati Pratama Mandiri menjelaskan bahwa terdapat beberapa kriteria yang menjadi acuan dalam penentuan pemenang pada VVC 2020.

"Kami dari main dealer PT. Hayati Pratama Mandiri menerima total 28 video. Tentunya kami sangat menghargai karya-karya siswa tersebut dengan tetap mengutamakan indikator penilaian, antara kesesuaian konten dengan juklak lomba, penguasaan materi, orisinalitas karya, serta kreatifitas yang dimunculkan dalam video. Dari semua aspek tersebut, karya-karya dari SMKN 1 Baso dapat menjawabnya dengan sangat baik. Semoga SMKN 1 Baso berhasil meraih juara di tingkat nasional nantinya," beber Havid.

Vocational Video Challenge (VVC) 2020 adalah wadah yang disediakan oleh PT. Astra Honda Motor dan seluruh jaringannya kepada siswa dan siswi TBSM SMK Astra Honda untuk menuangkan kreatifitas melalui pembuatan video presentasi.  Proses seleksi karya VVC dilakukan pada 1 hingga 20 Oktober yang lalu
secara bertingkat dan bertahap, mulai dari tingkat sekolah, regional, main dealer, dan kemudian baru di lombakan ke tingkat nasional melalui main dealer PT Hayati Pratama Mandiri.  Sedangkan untuk tingkat nasional dimulai pada 21 Oktober hingga 20 November 2020 dimana pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 25 November 2020.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : sc.astra

Tag :#SMKN1Baso #VVCNasional #Sumbar