HOME WEBTORIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT


  • Minggu, 15 September 2019
Bendungan Batang Bayang Hampir Rampung, Akhir November Jaringan Sungai Bakal Dialiri Air

Pasaman Barat (Minangsatu) - Pekerjaan Bendungan Batang bayang hampir Finishing namun saat ini sedang dilakukan pekerjaan galian sungai existing dengan target  akhir November aliran sungai sudah bisa mengalir melalui  Bendungan. 

Hal itu di sampaikan Project Production Manager PT Adhi Karya KSO Indo Bangun Group Muh Ari Yunianto kepada Minangsatu, Kamis (13/9).

Ia mengatakan, Volume Progres DI Batang Bayang sampai dengan 25 Agustus 2019 sudah terealisasi 59.617 %. Pekerjaan struktur Saluran Suplesi dari rencana target 5,4 Km saat ini sudah rampung sepanjang 2 Km. "Adanya keterlambatan rencana target di sebabkan kendala lahan yang belum tuntas padahal semua perlengkapan sudah stand by di lokasi pekerjaan," sebutnya.

Sementara, Saluran induk di perencanaan 8,5 Km, areal lahan yang sudah dibebaskan sepanjang 1,3 Km dan pekerjaan sudah rampung sepanjang 700 M, sisanya masih dalam penilaian tim apraisal. 

Selain itu, ucapnya, pekerjaan Groundsill pengamanan jembatan dengan lebar 50 Meter sudah di setujui pihak Balai Wilayah Sungai (BWSS V). Dari 50 meter sudah tahap pekerjaan selebar 38 Meter beserta Apron dan kolam olak sedangkan sisa nya masih tahap pekerjaan.

"Bangunan seperti gorong - gorong sebanyak 4 unit sudah rampung, sementara gorong - gorong pembuang 2 unit belum bisa di laksanakan karena terkait pekerjaan lain, bangunan terjun 5 unit sudah rampung 4 unit sisa nya dalam tahap pelaksanaan," tuturnya.

Kemudian pekerjaan bangunan penunjang seperti Rumah Dinas, Balairong sudah dibangun dan pembangunan mushalla sedang dalam  proses pembangunan pondasi. 

Pemasangan Rip Prap (balok beton) di bagian Endsill hilir bendung proses produksi dan akan di tata di bagian hilir bendung dengan fungsi menahan gelombang gerusan olak air.

Kepala Jorong tampus Tambrin Lubis mengatakan, areal terdampak proyek di jorong tampus semuanya sudah selesai dan masyarakat yang lahannya di lalui proyek sudah menerima gati rugi. "Kalau di jorong tampus lahan masyarakat yang terdampak semua nya sudah selesai dan yang punya lahan sudah menerima ganti rugi," ucap kepala Jorong.

Pihaknya merasa senang dengan adanya pekerjaan DI Batang Bayang ini karena memberikan peluang kerja bagi pemuda di kejorongannya yang sedang menganggur. "Dengan adanya pembangunan DI Batang Bayang ini dapat memberi pekerjaan bagi warga kita yang menganggur meski bersifat sementara," ucapnya.


Wartawan : Afratama
Editor : boing

Tag :#pasaman barat#batang bayang#bendungan