HOME PENDIDIKAN KOTA PAYAKUMBUH

  • Senin, 7 Maret 2022

Wako Riza Falepi Membagi Resep Jadi Pemimpin

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memaparkan resep menjadi pemimpi, Senin (7/3/2022).
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memaparkan resep menjadi pemimpi, Senin (7/3/2022).

Payakumbuh, (Minangsatu) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Payakumbuh melaksanakan program Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan menghadirkan seluruh pengurus OSIS, Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dan Ekstra Kurikuler (Ekskul) SMA 2 Kota Payakumbuh. Program rutin tahunan yang dilaksanakan SMA 2 ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan jiwa kepemimpinan.

“Pemimpin yang hari ini menjadi leader atau pemimpin, merupakan individu yang telah melatih dirinya sendiri menjadi pemimpin dari masa sebelumnya,” kata Kepala SMA 2, Dafrimal saat membuka program LDK, Senin (7/3/2022) di aula pertemuan SMA 2 Kota Payakumbuh.

Ia menambahkan, media untuk melatih kepemimpinan diri salah satunya melalui OSIS, MPK, atau ekskul yang ada di SMA 2 Kota Payakumbuh.

Program rutin tahunan yang kali ini mengusung tema “Mempersiapkan regenerasi kepemimpinan yang progresif dalam organisasi” akan berlangsung dari hari Senin hingga Rabu (7-9 Maret 2022). Dafrimal menjelaskan bahwa selama kegiatan berlangsung, akan diisi dengan materi dasar kepemimpinan dan hari selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan outbound bagi seluruh peserta LDK.

Tidak tanggung-tanggung, SMA 2 Kota Payakumbuh langsung mendapuk walikota Payakumbuh, Riza Falepi, sebagai narasumber dalam memberikan pemahaman dasar kepemimpinan terhadap pengurus OSIS, MPK dan Ekskul SMA 2 kota Payakumbuh.

Dalam presentasinya, Walikota Payakumbuh menjelaskan tentang pengertian organisasi, tujuan berorganisasi, tipe pemimpin, 12 prinsip organisasi, dan pola organisasi. Riza Falepi secara aktif berinteraksi dengan para peserta LDK sehingga sesi presentasi menjadi hidup dan interaktif.

Diawal pemaparan materinya, Riza menyampaikan calon pemimpin muda yang kreatif dan inspiratif harus disiapkan dari sekarang. Riza Falepi menceritakan pengalamannya pada masa bersekolah di tingkat SMA dan kuliah. Ia aktif berorganisasi sehingga pengalaman organisasi saat sekolah dan kuliah tersebut menjadikannya pemimpin seperti saat ini.

“Semakin tinggi kepemimpinan seseorang, maka ia akan merasa semakin “kesepian”. Dan untuk mengatasi hal ini nantinya calon pemimpin haruslah memiliki sebuah sistem yang terstruktur untuk mengatasi kesepian yang akan dialami,” ungkap Riza.

Dilanjutkan, kesepian yang dimaksud disini ialah pemimpin yang tidak memiliki sahabat yang emang betulan sahabat, bukan hanya sekedar sahabat di depan saja, kita aman dia ada, kalo kita ndak aman dia menghilang,” katanya.

Dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin muda masa depan, dibutuhkan persiapan dari sekarang, dan persiapan tersebut, yakni ; gunakan waktu sebaik-baiknya, miliki daya baca yang tinggi, libatkan diri dalam kegiatan tim, berinteraksi dengan banyak orang, berkumpul dengan orang-orang baik, serta jangan menolak saat ditunjuk menjadi ketua.

Menurut Riza dalam menjadi seorang pemimpin, harus berani dalam mengambil sebuah keputusan yang tegas, sehingga dengan sikap tersebut maka pemimpin ini nantinya akan memiliki intuisi yang kuat yang mana hal tersebut akan membentuk karakter pemimpin dalam membawa arah tujuan kepemimpinannya.

“Jika mereka unggul, bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar, dan jika mereka rusak, bangsa ini akan menjadi bangsa yang lemah,” tukas Riza.

Sebelum mengakhiri paparannya, Riza berpesan kepada peserta LDK SMA 2 Kota Payakumbuh. "Jika ketika kamu memimpin nantinya maka kenalilah pemimpin yang sebelum masa kamu memimpin, hal ini akan berguna untuk membentuk mental kamu menjadi pemimpin yang bagus dan baik," Riza mengakhiri.


Wartawan : Fegi Andriska
Editor : ranof

Tag :#Ldk Sma 2 payakumbuh #Latihan dasar kepemimpinan #Sumbar

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News

Ingin Mendapatkan Update Berita Terkini, Ayu Bergabung di Channel Minangsatu.com