HOME PEMBANGUNAN KABUPATEN PASAMAN

  • Sabtu, 21 Januari 2023

Wabup Pasaman: Rumah BUMN PLN Tumbuhkan Perekonomian Daerah

Sumber Foto; PT PLN (Persero)
Sumber Foto; PT PLN (Persero)

Pasaman, ( Minangsatu ) - PT PLN adalah perusahaan yang konsisten mendukung pelaku usaha dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta permberdayaan ekonomi kerakyatan. Di Kabupaten Pasaman, dukungan PLN tampak dengan tumbuhnya Rumah BUMN Pasaman secara signifikan lewat berbagai program yang membantu dan memajukan UKM yang bergabung sebagai anggota.

Tertarik dengan peran Rumah BUMN Pasaman, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS sambangi Rumah BUMN Pasaman yang bertempat di Jl. Ratulangi Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping, Kamis (19/01) lalu. Kunjungan Wakil Bupati ini atas rasa ingin tahu setelah beberapa pelaku UMKM membagikan cerita tentang peran Rumah BUMN Pasaman.

‘’Saya ada kunjungan ke beberapa pelaku UMKM beberapa hari lalu, dan beberapa diantara mereka bercerita bahwa PLN memfasilitasi mereka dengan rumah berkumpul yang dinamai Rumah BUMN. Rumah yang juga tempat menjalankan berbagai program bersama, sharing, bertumbuh, membagi ilmu berwirausaha, sama-sama mengembangkan dan memajukan produk. Rumah BUMN ini tentu berperan tumbuhkan perekonomian daerah,’’ sebut Sabar.

Sabar mengaku tertarik berkunjung ke Rumah BUMN dan kunjungan pertamanya Kamis (19/01) tersebut menurutnya sangat menggembirakan. ‘’Di luar ekspetasi saya, Rumah BUMN sangat terkonsep. Perlengkapan belajar hingga pengemasan produk lengkap. Sarana digitalisasi juga dilengkapi. Saya sangat mengapresiasi kehadiran PLN untuk seluruh anggota UMKM yang bergabung di Rumah BUMN ini,’’ lanjutnya.

Lebih kurang 50 pelaku UMKM dari total 91 UMKM yang bergabung di Rumah BUMN Pasaman hadir pula saat kunjungan Bupati, Kamis (19/01) itu. Kepada para pelaku UMKM yang hadir, Sabar pun membagikan bagaimana alur ekspor hasil produk UMKM. Menurutnya, pelaku UMKM Pasaman harus percaya diri dengan produknya, karena Pasaman memiliki kekayaan lokal yang menjadi ciri khas dan tidak dimiliki daerah lain, provinsi lain, maupun negara lain.

‘’Kita punya kekuatan di identitas lokal yang khas. Tinggal meningkatkan packaging, promosi, dan strategi penjualan lainnya. Mari gali berbagai strategi penjualan bersama-sama. Maju bersama untuk UMKM yang tumbuh kuat dan ekonomi Pasaman yang lebih maju,’’ ungkap Sabar kemudian.

Sabar menyampaikan siap mendukung penuh untuk memudahkan para pelaku UMKM meningkatkan pemasaran dan memenangkan daya saing. Bersama Kadis UMKM Pasaman Hendra Kurniawan yang juga hadir, Sabar menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman akan mengupayakan kemudahan proses perizinan untuk para pelaku UMKM. 

Dukungan lainnya, Pemerintah Kabupaten Pasaman akan membentuk bantuan permodalan hingga bantuan proses ekspor produk ke luar negeri. ‘’Bersama Dinas UMKM dan juga PLN, mari kita bergerak bersama membawa UMKM naik kelas, menuju nasional hingga global,’’ tegas Sabar optimis.

Sabar percaya, UMKM yang tumbuh dan naik kelas akan berdampak pada tumbuhnya perekonomian daerah. ‘’Saya kagum dengan dukungan nyata PLN lewat fasilitas, bantuan, dan berbagai program pengembangan. Saatnya Pemerintah daerah pun bertindak lebih nyata, demi tumbuhnya perekonomian daerah,’’ lanjut Sabar kemudian. 

Di tempat terpisah, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi Zulhamdi menyampaikan, PLN pun siap mendukung Pemerintah Pasaman dan seluruh pelaku UMKM dengan layanan kelistrikan terbaik. Pasokan listrik terbaik kepada para pelaku usaha, sampainya, adalah bagian dari sumbangsih PLN untuk memajukan ekonomi.

‘’Infrastruktur kelistrikan di Kabupaten Pasaman kini semakin andal dengan beroperasinya GI Pasaman sejak Maret 2022 lalu. Kualitas tegangan yang disuplai oleh PLN di wilayah Pasaman kini bisa diandalkan untuk seluruh pelaku UMKM, bisnis, hingga industri skala besar. Jadi jangan ragu untuk kembangkan usaha di Pasaman karena PLN siap menjadi salah satu roda penggerak ekonomi di Kabupaten Pasaman,’’ tegas Zulhamdi kemudian.


Wartawan : Rilis/*
Editor : boing

Tag :#PLN #BUMN #RumahPLN #Pasaman #Minangsatu

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News