HOME SOSIAL BUDAYA KOTA SAWAHLUNTO

  • Selasa, 21 Juni 2022

PLN UPK Ombilin Gulirkan Program TJSL Pengelolaan FABA Untuk Kanstin Jalan Protokol Kota Sawahlunto

Walikota Sawahlunto Deri Asta Bersama  Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama Lakukan Peletakan Batu Pertama Kanstin Jalan dari Faba di Jalan Ir H Amran Nur Kota Sawahlunto, Selasa (21/6)
Walikota Sawahlunto Deri Asta Bersama Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama Lakukan Peletakan Batu Pertama Kanstin Jalan dari Faba di Jalan Ir H Amran Nur Kota Sawahlunto, Selasa (21/6)

Sawahlunto (Minangsatu) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin menyerahkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Pemerintah Kota Sawahlunto sebesar Rp 150 juta untuk pembangunan kanstin jalan protokol di Kota Sawahlunto. 

Pembangunan Kanstin jalan tersebut menggunakan Fly Ash dan Button Ash (FABA) atau abu sisa hasil pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Sijantang Ombilin Sawahlunto. 

Acara seremonial penyerahan bantuan TJSL tersebut sekaligus dilaksanakannya  peletakan  batu pertama pemasangan Kanstin di Jalan Ir H Amran Nur di depan Kantor Pengadilan Negeri Sawahlunto oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Selasa (21/6/2022). 

Walikota Deri Asta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT PLN Persero UPK Ombilin melalui TJSL berupa pemanfaatan Faba untuk pemasangan Kanstin di jalan menuju obyek wisata kandih tersebut. 

Deri Asta mengatakan bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin mempunyai nilai lebih karena bekerjasama dengan BUMDES di Desa Salak untuk pemanfaatan Faba atau abu hasil pembakaran batu bata PLTU Ombilin. Deri juga mengapresiasi kepedulian PLTU Ombilin berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto. 

"Saya sangat mengapresiasi sekali program TJSL PLTU Ombilin ini karena mempunyai nilai tambah lebih yaitu pemanfaatan Faba dan bekerjasama dengan BUMDES.  Harapan saya pemanfaatan Faba ini dapat menjadi pilot projek untuk pembangunan fisik di Kota Sawahlunto," ujar Deri Asta 

Deri Asta berterima kasih kepada PLN yang telah mengalokasikan dana tanggung Jawab Sosial (TJSL) untuk pembangunan taman ini yang menunjukkan bahwa PLN termasuk BUMN yang peduli terhadap perkembangan pembangunan di Kota Sawahlunto.

Deri Asta juga menyebutkan bantuan yang diberikan bukan hanya sekedar bantuan berupa uang namun ada nilai lebihnya sebab PLN memberdayakan BUMDES yang menciptakan produk-produk dengan memanfaatkan abu hasil pembakaran batubara.

Diharapkan kedepan kerjasama yang dilakukan oleh PLN yang menggandeng BUMDES tersebut dapat menjadi  pilot projek sebab memanfaatkan sisa abu pembakaran batubara menjadi bahan baku yang bernilai tinggi, sehingga mampu memotivasi masyarakat lain untuk menggeluti usaha yang sama.

Kegiatan yang menggandeng Dinas PKP2LH Kota ini akan digunakan untuk  pemasangan Kanstin  jalan Protokol kota Sawahlunto berupa taman lingkar yang di depan Kantor Pengadilan Negeri Kawasan Kandi Kota Sawahlunto .

Pejabat Lingkungan PLTU UPK Ombilin Kota Sawahlunto Hadi Mulyanto menjelaskan,  salah satu kelebihan menggunakan Kanstin campuran FABA ini salah satunya untuk dapat menghemat penggunaan pasir .

Hadi juga menjelaskan, pemanfaatan limbah batu bara ini juga sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pembuatan batako, paving Block dan yang lainnya, dan kedepannya pemanfaatan faba ini akan dimanfaatkan secara masif untuk pembangunan Konstruksi dan PLTU UPK Ombilin mendukung  hal tersebut .

Ketua Tim TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama mengatakan Kanstin jalan dengan bahan utama Faba ini sudah diuji di laboratorium  dengan kekuatan beton K-250 ke atas sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.  

" Melalui pemanfaatan FABA, PT PLN (Persero) UPK Ombilin terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pengelolaan FABA untuk pembangunan Kanstin jalan," ujar Elfita Burnama.

Peran FABA dalam bidang konstruksi dapat menjadi opsi pengganti bahan bangunan, sehingga juga ramah secara lingkungan dan hemat secara ekonomi. Dengan melibatkan warga ring-1 PLTU sebagai pekerjanya, kegiatan ini secara langsung dapat menyerap tenaga kerja dan berkontribusi langsung dalam program pemberdayaan masyarakat desa di Kota Sawahlunto.(*)

 


Wartawan : Hendra Idris
Editor : Benk123

Tag :#sawahlunto, #pln

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News