HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Jumat, 25 November 2022
Kontingen Sumatera Barat Juara Umum Cabor Tarung Derajat POMNas 2022
Kontingen Sumatera Barat Juara Umum Cabor Tarung Derajat POMNas 2022

Padang (Minangsatu) - Tuan rumah Sumatera Barat menyegel predikat juara umum pada cabang olahraga Tarung Derajat pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke XVII tahun 2022. Petarung Ranah Minang berhasil sumbangkan total 11 medali dengan rincian 5 emas, 3 lerak dan 3 perunggu.

Mengambil venue di Auditorium Universitas Negeri Padang, Tarung Derajat mempertandingkan 19 nomor pertandingan. Medali emas disumbangkan Farhan Alhamid (kelas 49,1-52 kg), Sonya Septi Dwi (kelas 50,1-54 kg), Vebi Sesmita (kelas 58,1-62 kg).

Medali emas selanjutnya pada kategori seni gerak yaitu pasangan Alfadli/Alex pada nomor Getar Berpasangan Putra, dan trio Adel/Alfadli/Alex pada nomor Gharang putra. 

Sementara medali perak disumbangkan Zamzamil pada kelas 60,1-70 kg, trio Rahma, Suci dan Wulandari pada nomor Ranger Drajat II Regu Putri dan 

Alfadli, Alex, Suci, dan Wulandari yang bertanding pada nomor Getar Beregu Campuran.

Untuk medali perunggu sendiri disumbangkan Cintia (45,1-50 kg), M.Baiqi (75,1-80 kg) dan Burhanudi (80,1-85 kg).

Prestasi luar biasa ini diapresiasi langsung oleh Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumbar, Dr. Hendra Syarifuddin, Ph.D. 

Hendra menyebut, capaiaan medali pada Tarung Drajat ini membuat Sumbar saat ini sudah masuk lima besar terbaik.

"Kita berykur, dan ini prestasi yang luar biasa pada cabor tarung drajat, peringkat kita sidah masuk lima besar, kita harapkan cabang yang masih bertanding juga mengikuti preatasi tarung drajat," ucapnya.

Sementara Rektor UNP, Prof Ganefri saat upacara penutupan mengatakan capaian seluruh petarung ranah minang tersebut sudah melewati proses yang sangat luar biasa.

"Saya melihat persiapan atlet tarung drajat Sumbar sangat luar biasa. Ini baru awal dari segalanya, tantangan kedepan akan lebig berat lagi," ucapnya. 

Ganefri menghimbau kepada seluruh atlet untuk selalu menjaga kondisi dan disiplin dalam berlatih untuk mempersiapkan diri pada kejuaran POMNas berikutnya.

Dalam rangka PON dan POMNas yang akan datang 2023, mudah mudahan tarung drajat tetap mendapat tempat, oleh itu untuk seluruh BAPOMI 10 provinsi untuk berjuang meyakinkan kementrian untuk selalu mengikutsertakan olahraga tarung drajat," sebutnya.

Dengan hasil ini, Sumatera Barat langsung naik peringkat ke posisi lima kalsemen sementara perolehan medali terbanyak dengan perolehan 8 emas, 2 perak dan 13 perunggu.


Wartawan : Habil
Editor : boing

Tag :#pomnas2022 #tarung derajat #voli #futsalputri #pomnasxvii #unp #bapomi #mendikbud

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News