HOME SOSIAL BUDAYA KOTA PADANG PANJANG

  • Rabu, 18 Mei 2022
Ketua TP PKK Dokter Dian Sampaikan Penyuluhan Hipertensi Pada Lansia
Dokter Dian poto bareng Lansia peserta Penyuluhan Hipertensi, Selasa (17/5/2022).

Pd. Panjang (Minangsatu) - Dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Selasa (17/5/2022). Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang mengadakan kegiatan penyuluhan tentang penyakit Hipertensi bagi lanjut usia (Lansia), di Balai Pemuda Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur. Tampil sebagai narasumber, Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP. 

Dijelaskan Dokter Dian, Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

"Komplikasi hipertensi di antaranya, ganguan otak, gangguan penglihatan, fungsi ginjal, serta gangguan jantung. Namun seseorang tidak bisa langsung didiagnosa menderita hipertensi, butuh dua atau tiga kali pemeriksaan," terang Dian. 

Dikatakannya, faktor penyebab Hipertensi di antaranya seiring dengan meningkatnya usia dan keturunan. Laki-laki lebih tinggi risikonya dibanding perempuan, mulai dari merokok, minuman alkhohol, makanan cepat saji, kegemukan serta stres.

"Tidak semua penderita Hipertensi menyadari penyakit yang ia derita. Hipertensi sering disebut pembunuh senyap, karena tidak ada gejala namun tetap merusak organ tubuh," tambahnya. 

Sementara Kepala Dinkes Kota Padang Panjang, dr. Faizah mengungkapkan, penyuluhan tentang penyakit Hipertensi ini sangat penting. 

"Tujuannya, agar masyarakat mengetahui cara pencegahan dan penanganannya. Dan penyuluhan ini, sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang resiko Hipertensi," terangnya.*


Wartawan : Asril Dt Pangulu Batuah
Editor : Benk123

Tag :#padangpanjang