HOME OLAHRAGA NASIONAL

  • Sabtu, 24 September 2022
Kalahkan Curacao 3-2, Timnas Indonesia Berpeluang Naik Peringkat Di Rangking FIFA
Dimas Drajad, pencetak gol penentu kemenangan Indonesia atas Curacao

Bandung (Minangsatu) - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Curacao pada laga uji coba FIFA match day, Sabtu (24/09/2022). Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Timnas Garuda berhasil menang 3-2. 

Gol kemenangan Indonesia dihasilkan oleh Marc Klok (18'), Fachruddin Aryanto (23') dan Dimas Drajad (55'). Sedang gol Curacao dicetak oleh Michael Maria (7') dan Juninho Bacunha (24') 

Pada laga persahabatan kali ini Timnas Indonesia menampilkan komposisi yang tidak jauh berbeda dengan materi-materi pemain AFF 2021 lalu. Nama-nama seperti Nadeo, Elkan Bagot, Rahmad Irianto, Pratama Arhan, Mark Klok, Egi Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman kembali mengisi pos pemain inti. Sedangkan beberapa pemain baru yang diberi kesempatan tampil antara lain Dimas Drajat, Yakob Sayuri, Ramadan Sananta, dan Dendi Sulistiawan. 

Curacao unggul cepat pada menit ke-7' lewat sontekan Michael Maria. Tertinggal satu gol, timnas garuda langsung merespon dengan permainan cepat dari kaki ke kaki. Hasilnya, pada menit ke-18, Mark Klok berhasil menyelesaikan umpan cantik Dimas Drajat. 

Gol tersebut menambah semangat Indonesia, yang kemudian berbalik unggul pada menit ke-23. Throw-in yang dilepaskan Pratama Arhan ke kotak penalti Curacao disambut Fachruddin Aryanto dengan sundulan yang bersarang di sudut kanan gawang. 

Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Menit ke-24, Curacao melihat celah di pertahanan Indonesia kemudian melancarkan serangan balik. Throgh pass dari Kenji Gorré diselesaikan Juninho Bacuna dengan tembakan keras ke sudut kiri gawang. 

Witan Sulaeman mendapat bola kemelut di kotak penalti pada menit ke-38, namun sepakannya melambung jauh. Menit ke-40, tembakan mendatar Yakob Sayuri dari sisi kanan sukses dihalau Bodak. Skor 2-2 menutup babak pertama. 

Pada babak kedua, Gorré hampir menambah gol Curacao di menit ke-53, tetapi tembakannya berhasil dimentahkan Nadeo.

Dua menit berselang, Indonesia justru berhasil mencetak gol ketiga. Arhan yang masuk ke kotak penalti dari sisi kiri penyerangan Indonesia mengirim umpan silang kepada Dimas yang berada di depan gawang Curacao. Dengan satu sontekan backheel, penyerang Persikabo 1973 itu berhasil menjebol gawang Bodak. Indonesia memimpin 3-2. 

Usai unggul, Indonesia tak mengendurkan serangan. Saddil Ramdani mendapat peluang di menit ke-63, tetapi gagal berbuah gol. Sepakan jarak jauh Ramadhan Sananta di menit ke-76 ditepis Bodak, sedangkan tembakan mendatar Sayuri semenit kemudian bisa ditangkap kiper Jong PSV itu. Skor 3-2 bertahan hingga usai. 

Dengan hasil positif ini, anak asuh Shin Tae Yong diprediksi bakal mengalami kenaikan rangking FIFA. Saat ini Indonesia berada di rangking 155 FIFA dengan 1019.19 poin. Untuk mewujudkan hal tersebut, Timnas Indonesia kembali harus memenangkan lagi laga ke-2 menghadapi Curacao yang akan digelar pada hari selasa (27/09/2022). 

 

Susunan pemain 

Indonesia: Nadeo Arga Winata, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46'), Marc Klok (Rizky Ridho 85'), Yakob Sayuri, Dimas Drajad (Ramadhan Sananta 70' (Muhammad Rafli 84')), Egy Mualana Vikri (Marselino Ferdinan 46'), Witan Sulaeman (Dendy Sulistyawan 74'). 

Curacao: Tyrick Bodak, Dylan Timber (Ayrton Statie 54'), Justin Ogenia, Cuco Martina, Shanon Carmelia (Nathangelo Markelo 70'), Juninho Bacuna, Leandro Bacuna, Jeremy Antonisse, Kenji Gorré (Gevaro Nepomuceno 58'), Michael Maria (Roly Bonevacia 70'), Rangelo Janga.


Wartawan : Rivo Septian
Editor : boing

Tag :#timnasindonesia #indonesia #bolaindonesia #timnasgaruda #minangsatu

Baca Juga Informasi Terbaru MinangSatu di Google News